Logo Lintasterkini

Dokter Fadli Ananda: Layanan Kesehatan Harus Terintegrasi

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 18 November 2019 19:13

Dokter Fadli Ananda
Dokter Fadli Ananda

MAKASSAR—Kandidat Wali Kota Makassar, dr Fadli Ananda, M.Kes berobsesi membenahi sistem pelayanan kesehatan di Makassar jika kelak diamanahi menjadi wali kota. Salah satunya perbaikan layanan dengan menggunakan konsep integrasi pada semua layanan kesehatan.

“Setiap puskesmas, klinik, dan rumah sakit yang ada di Makassar harus terintegrasi dengan menggunakan teknologi informatika. Jumlah dokter, tenaga medis, dan fasilitas ruang perawatan harus tersedia di sistem supaya warga tahu dan bisa mengaksesnya setiap saat,” kata Fadli Ananda di Makassar, Senin (18/11/2019).

Direktur RSIA Ananda Makassar itu mengatakan jika layanan kesehatan sudah terintegrasi seperti itu, tidak akan ada lagi warga yang sulit mengakses ruang perawatan di rumah sakit. Selama ini, kata dia sering terjadi miskomunikasi saat merujuk pasien dari satu rumah sakit ke rumah sakit lain.

“Sering ada pasien dirujuk dari rumah sakit A ke rumah sakit B, ternyata di rumah sakit B sudah tidak ada ruang perawatan yang kosong. Karena di rumak sakit B kosong, dirujuk lagi ke rumah sakit C. Kalau begini, bisa-bisa pasien meninggal di jalan hanya mencari ruang perawatan yang kosong,” katanya lagi.

Menurut Fadli, jika data layanan itu terintegrasi, tidak akan terlagi miskomunikasi dalam merujuk pasien. Idealnya, kata alumni Fakultas Kedokteran UMI Makassar itu data ketersediaan tempat tidur pasien harus terupdate sehingga rumah sakit yang dirujuk bisa langsung menangani pasien bersangkutan.

Selain integrasi layanan kesehatan, Fadli juga berjanji akan mengedepankan promotif preventif. Mengedepankan pencegahan dibanding pengobatan. Selain itu, pemerintah juga harus mendesain program yang memungkinkan pasien bisa melakukan medical check up secara berkala. (*)

Penulis : Aroelk

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 September 2021 14:21
Pelaku Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar Tertangkap, Ini Penampakannya
Pelaku pembakaran mimbar khutbah di Masjid Raya Makassar tertangkap, Sabtu (25/9/2021) siang. Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Witnu Urip Laksana me...
Hukum & Kriminal25 September 2021 12:42
Kapolrestabes Makassar : Pelaku Pembakar Mimbar Masjid Raya Makassar Dalam Pengejaran
"Doakan dalam waktu dekat kita bisa mengungkap pelaku dan menangkapnya. Saat ini, anggota sudah mengejar pelaku pembakar mimbar Masjid Raya Makassar,"...
News25 September 2021 10:25
Soal Pembakaran Mimbar Masjid, Das’ad Latif : Ummat Jangan Terprovokasi
Sebelumnya diberitakan mimbar khutbah yang berada di dalam Masjid Raya Makassar dibakar seseorang, Sabtu (25/9/2011) dini hari. Sebelum beraksi, pelak...
Peristiwa25 September 2021 10:11
Mimbar Khutbah Masjid Raya Makassar Dibakar Seseorang
Mimbar khutbah yang berada di dalam Masjid Raya Makassar dibakar seseorang, Sabtu (25/9/2011) dini hari. Sebelum beraksi, pelaku naik ke atas dan seng...