Logo Lintasterkini

Pj Gubernur Sulsel Dorong Peningkatan Pendapatan Petani, Nelayan, dan Peternak

Redaksi
Redaksi

Senin, 19 Februari 2024 21:21

(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

PINRANG – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, didampingi Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, menghadiri peringatan HUT ke-64 Kabupaten Pinrang, Senin (19/2/2024).

Dalam acara ini, Bahtiar mengungkapkan alasannya memprioritaskan sektor pertanian, perikanan, dan peternakan, pada era pemerintahannya.

Menurutnya, pemerintah bersama seluruh pemangku kebijakan terkait harus membantu masyarakat, khususnya petani, nelayan, dan peternak, untuk meningkatkan pendapatannya. Termasuk perbankan, melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR).

“Kita harus bantu dulu petani kita, kita harus bantu dulu peternak kita, kita harus bantu dulu nelayan kita. Yang lain gampang kita perbaiki. Ini harus kita dorong, bagaimana kita mengelola untuk kesejahteraan masyarakat,” kata Bahtiar.

Bahtiar menekankan lahan yang luas di seluruh Sulsel ini harus betul-betul dimanfaatkan dengan baik sebagai lahan pertanian, perkebunan, maupun usaha lainnya. Masyarakat Sulsel harus diajarkan bagaimana memanfaatkan lahan yang kurang produktif menjadi lahan yang menghasilkan.

“Tidak ada gunanya kita dikasi lahan yang luas kalau kita tidak perbaiki produksi kita. Harus kita ajari masyarakat kita cari uang yang efisien dan tepat dengan cara-cara yang luar biasa,” terangnya.

Apalagi saat ini, kata Bahtiar, lima perbankan mendukung penuh para petani, peternakan, petambak, nelayan, dan seluruh UMKM dari sektor permodalan lewat KUR tanpa jaminan, baik mikro maupun makro.

“Tahun 2023 lalu KUR kita Rp15,6 triliun. Insyaallah KUR 2024 Rp30 triliun. Kalau Rp30 triliun ini kita bantu UMKM, bisa kita sejahterakan masyarakat kita. Saya minta Pemkab Pinrang, kepala dinas, camat, silaturahmi dengan Bank Sulselbar, BRI, Mandiri, BNI, dan BSI untuk menyejahterakan masyarakat kita di Pinrang,” ajak Bahtiar.

Bupati Pinrang, Irwan Hamid, menyampaikan terima kasih ke Pemprov Sulsel atas bantuan keuangan khusus untuk infrastruktur pada 2023 dengan nilai bantuan Rp20 miliar.

“Alhamdulillah anggaran tersebut kami bangun pemecahan ombak atau tanggul dan infrastruktur jalan poros Letta–Kariango di Desa Letta, Kecamatan Kariango,” ungkapnya.

Bahkan, kata Irwan, Desa Letta baru bisa menikmati indahnya jalan aspal pada 2023 kemarin. “Alhamdulillah akhirnya masyarakat di sana sudah melihat kendaraan roda dua masuk di daerahnya,”¬†ucapnya.

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan12 April 2024 16:17
Open House Idul Fitri Pemkab Gowa Tingkatkan Silaturahmi Masyarakat dan Pemerintah
GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali menggelar open house dalam rangka Idul Fitri 1445 Hijriah. Dimana kegiatan ini terakhir dilaks...
Politik12 April 2024 14:43
Menguat Kabar Istrinya Dampingi ASS Di Pilkada Gubernur, Begini Klarifikasi RMS
PINRANG — kabar yang beredar dan semakin menguat akan figur Fatmawati Rusdi yang bakal mendampingi Bakal Calon (Balon) petahana Gubernur Sulsel ...
News12 April 2024 10:10
Kepala Daerah Se-Sulsel Hadiri Open House Lebaran Pj Gubernur Bahtiar
MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, berharap agar kepala daerah se-Sulsel senantiasa menjaga silaturahmi dan kekompakan demi kesu...
Peristiwa11 April 2024 22:41
Terlibat Laka Lantas, Karyawan Indomaret Di Pinrang Dikabarkan Meninggal Dunia Di TKP
PINRANG — Kecelakaan tragis yang melibatkan seorang pengendara motor terjadi di kampung Ongkoe Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, Kamis sore...