Logo Lintasterkini

Masa Pandemi Covid 19, 4,2 Juta Guru dan Dosen Terpaksa Mengajar Dari Rumah

Aroelk Lintas Terkini
Aroelk Lintas Terkini

Selasa, 19 Mei 2020 00:29

Masa Pandemi Covid 19, 4,2 Juta Guru dan Dosen Terpaksa Mengajar Dari Rumah

MAKASSAR — Di masa Pandemi Corona (Covid-19), sekitar 4,2 juta guru dan dosen terpaksa mengajar dari rumah, 68,8 juta pelajar sekolah dasar dan menengah melakukan pembelajaran dari rumah di 646,2 ribu satuan pendidikan yang tersebar diseluruh Indonesia. Hal tersebut terungkap pada kegiatan dialog Webiner yang digelar Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sulsel, Minggu (16/5/2020).

 

 

Bertindak sebagai nara sumber pada kegiatan dialog tersebut yaitu Plt Dirjen PAUD Hamid Muhammad, Dikmen Kemendikbud RI Muhammad Ramli, Ketua Umum IGI Pusat Dr H. Basri, Plt Kepala Dinas Pendidikan Sulsel dengan dipandu langsung oleh ketua wilayah IGI Sulsel Abdul Wahid Nara.

 

 

Dalam diskusi tersebut, beberapa data diungkapkan oleh Hamid Muhammad bahwa proporsi penerapan belajar dirumah yaitu 97,6 persen terlaksana dan hanya 2,4 persen tidak terlaksana dengan berbagai kendala diantaranya belum ada jaringan internet, daerah pedalaman, bukan daerah terjangkit covid 19 dan beberapa alasan lain.

 

 

“Kami juga telah menyiapkan akses pembelajaran daring diantaranya, rumah belajar, google for education dan beberapa aplikasi lainnya” jelas Hamid.

 

 

Hamid menyebutkan, pihaknya juga menyiapkan kuota gratis serta siaran pembelajaran langsung melalui RRI dan TVRI. Namun juga terungkap bahwa tantangan belajar di rumah dengan mekanisme daring menyebabkan banyak tugas yang dibebankan oleh guru kepada siswa karena mengejar ketuntasan kurikulum. “Padahal mestinya guru melakukan penyederhanaan aktivitas belajar,” jelasnya.

 

 

Kendala lain yang dihadapi, lanjut Hamid yaitu terkait kemampuan siswa dan guru dalam memgoperasionalkan perangkat digital, ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki siswa sert faktor dukungan internal dan lingkungan siswa. “Ini membuat masih banyak guru yang tidak melakukan pembelajaran interaktif,” tandasnya.

 

 

Sementara itu, ketua umum IGI Pusat Ramli Rahim menjelaskan jika lembaga guru yang dipimpinnya jauh sebelumnya telah melakukan pelatihan yang mendukung pembelajaran dari rumah.

 

 

“Kami telah lama bergerak melakukan pelatihan di seluruh wilayah Indonesia melalui kanal pelatihan IGI. Meskipun tanpa anggaran dari pemerintah, kami terus bergerak,” ungkap Ramli.

 

 

Hal senada diungkapkan Plt Kadisdik Sulsel, H Basri. Dia menyebutkan, kesiapan belajar dari rumah telah diantisipasi dengan berbagai kebijakan yang dilakukan untuk mendukung pembelajaran dari rumah bisa berjalan lancar. “kami juga sudah bekerjasama dengan RRI serta beberapa penyedia layanan online,” jelasnya.

 

 

Basri malah memberi apresiasi kepada IGI yang turut serta berperan dalam membantu guru dalam memperlancar pembelajaran dari rumah dan menambah kecakapan guru dalam berbagai aplikasi.

 

 

Sementara ketua IGI Sulsel Abdul Wahid Nara dalam kata penutupnya berharap, musibah wabah Covid-19 ini dijadikan ajang untuk mengasah diri pada sesuatu yang baru dan sekaligus sebagai lompatan pembelajaran yang lebih tinggi atau lebih jauh kedepan dengan memadukan pembelajaran tatap muka langsung dengan sistem pembelajaran online. (*)

 Komentar

 Terbaru

Wujudkan Pelayanan Prima, Mengurangi Mobilitas, Polres Pangkep Lakukan Ini
News18 Januari 2021 17:27
Wujudkan Pelayanan Prima, Mengurangi Mobilitas, Polres Pangkep Lakukan Ini
Bhabinkamtibmas yang datang mengantar langsung kerumah warga binaanya itu gratis, jadi bagi warganya yang bermohon untuk buat Surat Keterangan Kehilan...
Kali Kedua, Pj Wali Kota Makassar Lantik Pejabat di Masa Pandemi
Pemerintahan18 Januari 2021 17:04
Kali Kedua, Pj Wali Kota Makassar Lantik Pejabat di Masa Pandemi
Pj Wali Kota Makassar Lantik Pejabat di Masa Pandemi...
AMSI-Parekraf Peduli Gelar Konser Amal For Sulbar
News18 Januari 2021 16:55
AMSI-Parekraf Peduli Gelar Konser Amal For Sulbar
Konser amal yang akan dilaksanakan secara virtual ini akan live konser di akun Youtube Fakultas Teknik Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI UMI)...
Kasus Covid-19 di Lingkup Satpol PP Makassar Terus Meningkat, Sudah Ratusan Personel Terinfeksi
Bersama Melawan Covid-1918 Januari 2021 16:43
Kasus Covid-19 di Lingkup Satpol PP Makassar Terus Meningkat, Sudah Ratusan Personel Terinfeksi
Kasus Covid-19 di Lingkup Satpol PP Makassar Terus Meningkat...