Logo Lintasterkini

Antisipasi Musim Hujan, Dinas PU Makassar Sudah Benahi 42 Titik Saluran Drainase

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Sabtu, 19 Juni 2021 11:34

Antisipasi Musim Hujan, Dinas PU Makassar Sudah Benahi 42 Titik Saluran Drainase

MAKASSAR — Sebanyak 42 titik saluran drainase dan kanalan sudah dibenahi Dinas Pekerjaan Umum (PU) sepanjang 2021. Sebagai antisipasi saat musim hujan datang.

Titik-titik tersebut tersebar di 15 lokasi. Di antaranya, Sepanjang Jalan Tamangapa Raya, Jalan Kumala. Jalan Traktor, Jalan Makkio Baji, Jalan Bayam, Jalan Beringin Raya, Jalan Tala Salapang, Perumahan Nusa Tamalatea Indah, Jalan Toddoppuli 6, Jalan Mawang, Jalan Sabutung, Komplek CV Dewi, Komplek BPS dan dua kanal yaitu Kanal Pannampu dan Jongayya.

Plt Kepala Seksi Pengendalian Air dan Drainase Dinas PU Kota Makassar Jumain mengatakan endapan yang diangkat perharinya dapat mencapai 154 meter kubik yang dilakukan sejak awal tahun 2021.

“Sejauh ini sudah 42 titik dan masih terus dilakukan pengerukan, itu perharinya saja bisa mencapai 154 kubik jika ditotal,” ujarnya, Sabtu (19/6/2021).

Pihaknya juga mengintenskan pengerukan pada daerah-daerah rawan banjir seperti Kecamatan Biringkanayya dan Tamalanrea. Upaya tersebut diharapkan mampu menekan banjir saat akhir tahun tiba.

“Inikan tidak semua drainase juga kita tangani karena beberapa juga itu merupakan tanggungjawab dari kelurahan. Untuk saat ini kita fokus juga ke titik-titik itu (rawan), itu kita rutin kan setiap hari,” ujarnya.

Sementara itu Humas Dinas PU Kota Makassar Hamka Darwis meminta masyarakat melapor jika menemukan adanya drainase yang perlu dibenahi. Sejauh ini DPU bergerak secara efektif dengan menindaki hasil survei dan laporan-laporan yang masuk.

“Jadi kegiatan itu selain kita survei sendiri, ini juga sebagain besar didominasi oleh laporan warga,” ujarnya.

Semisal pengerjaan duiker yang sempat roboh di wilayah Paccerakkang. Di sana jalan sempat terputus ke lorong 88. Laporan tersebut didapat setelah diposting di media sosial salah seorang warga.

Hal ini juga berlaku terhadap jalan berlubang, hingga lampu-lampu jalan. Dia mengatakan beberapa titik akan luput dari pembenahan, jika tidak ditinjau dan dilaporkan. Olehnya hal ini memerlukan partisipasi aktif dari masyarakat agar lingkungan bisa tetap normal.(*)

 Komentar

 Terbaru

Nasional27 Juli 2021 12:45
Mendagri : Jika Kepala Daerah Turun Langsung salurkan Bansos, Masyarakat Jadi Lebih Tenang
"Daerah memiliki kapasitas untuk itu dan daerah memiliki tanggung jawab juga untuk itu, tidak hanya pemerintah pusat. Kenapa? Karena ada anggaran," uj...
Bersama Melawan Covid-1927 Juli 2021 12:03
Vaksinasi Lintas Agama Digelar Muhammadiyah dan Polda Sulsel
Vaksinasi ini menargetkan sebanyak 2.500 warga disuntik dan berdasarkan data dari pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, vaksinasi di Sulsel baru menca...
Hukum & Kriminal27 Juli 2021 11:26
Mengaku Digilir di Hotel, Wanita di Makassar Polisikan 2 Oknum Pegawai Bank BUMN
MAKASSAR– Sungguh malang nasib yang dialami seorang wanita berinisial N di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Wanita 22 tahun itu diduga ...
Hukum & Kriminal26 Juli 2021 23:52
Dalam Sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang Ungkap Empat Kasus
PINRANG – Dalam sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang berhasil mengungkap 4 kasus penyalahgunaan narkoba di wilayahnya. Dari pengungkapan te...