Logo Lintasterkini

Masih Zona Oranye, IDI Makassar Tolak Sekolah Tatap Muka

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Sabtu, 19 Juni 2021 15:27

Masih Zona Oranye, IDI Makassar Tolak Sekolah Tatap Muka

MAKASSAR — Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar menolak pelaksanaan sekolah tatap muka. Selama status Makassar masih berada di zona oranye.

Humas IDI Makassar, Wachyudi Muchsin mengatakan, saat ini Makassar belum memungkinkan melaksanakan sekolah tatap muka. Salah satu pertimbangannya adalah status Makassar yang masih zona oranye.

Menurutnya, jika status Makassar masih berada di zona oranye maka akan sangat rawan. Sebab, potensi penularan Covid-19 masih cukup besar.

“Kalau dibuka dalam kondisi zona oranye, IDI menolak. Karena baru satu level di bawah zona merah. Tidak menutup kemungkinan bisa kembali ke zona merah,” ujarnya, Sabtu (19/6/2021).

Pria yang karib disapa Dokter Koboi itu mengemukakan, sekolah tatap muka sebaiknya menunggu situasi lebih kondusif. Misalnya, status Makassar sudah berubah menjadi zona kuning.

“Zona kuning cenderung lebih aman. Kalau sekolah dibuka dalam kondisi zona kuning maka IDI setuju. Itu pun tetap harus dengan protokol yang ketat,” paparnya.

Selain itu, pemerintah juga harus punya strategi jika sewaktu-waktu terjadi penularan Covid-19 di sekolah. Jangan sampai, hal itu justru membuat kasus Covid-19 di Makassar justru semakin memburuk.

“Sekolah tatap muka boleh saja. Tetapi harus ada pertimbangan dari berbagai aspek. Karena Covid-19 ini masih fluktiatif dan masih berpotensi terjadi ledakan,” pungkasnya.

Dokter Koboi ini juga terus mengingatkan masyarakat untuk menerapkan 3M, Mencuci tangan, memakai masker dan selalu menjaga jarak aman satu sama lain agar terhindar dari Covid-19. (*)

Penulis : Herwin Bahar

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal26 Juli 2021 23:52
Dalam Sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang Ungkap Empat Kasus
PINRANG – Dalam sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang berhasil mengungkap 4 kasus penyalahgunaan narkoba di wilayahnya. Dari pengungkapan te...
News26 Juli 2021 23:36
Gempa Bumi Susulan Kembali Guncang Sulteng, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami
TOJO UNA-UNA– Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan berkekuatan magnitudo 6,5 pada h...
Hukum & Kriminal26 Juli 2021 20:40
Tak Terima Diputuskan, Dua Pemuda di Makassar Bakar Mobil Milik Mantan Pacarnya
MAKASSAR– Seorang pria berinisial MA (25) terpaksa harus meringkuk dibalik jeruji besi Mapolrestabes Makassar lantaran nekat membakar mobil mili...
News26 Juli 2021 20:18
PPKM Level 4 di Makassar: Kegiatan di Rumah Ibadah Tidak Dibolehkan
MAKASSAR — Aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Makassar sudah dikeluarkan. Rumah ibadah belum dibolehkan berk...