Logo Lintasterkini

Jelang Lebaran Iduladha, Pemprov Sulsel Kerahkan Petugas Kesehatan Hewan Kurban

Redaksi
Redaksi

Selasa, 20 Juni 2023 13:24

Pelepasan petugas kesehatan hewan kurban oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sulsel, Andi Aslam Patonangi (kanan), mewakili Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (20/6/2023).
Pelepasan petugas kesehatan hewan kurban oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sulsel, Andi Aslam Patonangi (kanan), mewakili Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (20/6/2023).

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melepas petugas kesehatan hewan kurban yang berlangsung di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Selasa (20/6/2023).

Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Sulsel, Andi Aslam Patonangi, mewakili Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, mengatakan pengerahan petugas kesehatan hewan kurban berdasarkan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 114 Tahun 2014 tentang Pemotongan Hewan Kurban.

“Ini untuk keamanan dan kelayakan hewan serta daging kurban dalam pelaksanaan ibadah kurban hari raya Iduladha 1444 H dilaksanakan pada 29 Juni 2023,” ungkap Andi Aslam dalam sambutannya.

Ketersediaan hewan kurban di Sulsel untuk tahun ini mencapai 75.289 ekor sapi, 2.406 ekor kerbau, dan 33.279 ekor kambing. Sebagian besar hewan yang disembelih untuk kurban berasal dari pasokan lokal.

Diperkirakan jumlah pemotongan hewan kurban tahun ini akan mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan 2022 lalu, yakni 49.906 ekor hewan kurban, kambing 5.773 ekor, dan sapi 44.041 ekor.

Kegiatan pemeriksaan hewan kurban dilakukan dengan memperhatikan perlakuan warga terhadap hewan kurban sesuai standar kesejahteraan hewan.

“Hewan tidak diperlakukan semena-mena selama pemeliharaan dan saat menjelang proses pemotongan dan kesejahteraan hewan harus dipastikan ketika sebelum disembelih,” ucap Andi Aslam.

Hadir dalam acara pelepasan ini, perwakilan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Sulsel, perwakilan Ikatan Sarjana Peternakan Indonesia (ISPI) Sulsel, pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Juru Sembelih Halal (Juleha) Sulsel, pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sulsel, serta dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Hasanuddin (Unhas).

 Komentar

 Terbaru

News25 Oktober 2024 13:03
Rumah Pengusaha Skincare Mirahayati Disegel, Tidak Kantongi IMB
MAKASSAR – Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Makassar mendatangi bangunan mewah yang diduga milik pengusaha kosmetik Mirahayati pada Jumat (25/...
Ekonomi & Bisnis25 Oktober 2024 12:47
Late Nite Shopping TSM Makassar Hadir dengan Diskon Spesial hingga 70%
MAKASSAR – Merayakan HUT Trans Studio Mall (TSM) Makassar yang ke-14, TSM akan menggelar program Late Nite Shopping pada Sabtu, 26 Oktober 2024....
Hukum & Kriminal25 Oktober 2024 10:47
Dokter Dianiaya di IGD Rumah Sakit Makassar, Pelaku Langsung Ditangkap
MAKASSAR – Sebuah video penganiayaan terhadap seorang dokter di Makassar menjadi viral di media sosial. Kejadian ini terjadi di Rumah Sakit Otak...
Ekonomi & Bisnis25 Oktober 2024 10:37
BRI Perkuat Sinergi dengan Badan Kepegawaian Negara untuk Peningkatan Layanan Perbankan
JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menjalin sinergi strategis dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN) melalui penandatanga...