Logo Lintasterkini

Anda Harus Paham! Orang Cerdas dengan Orang Pintar Itu Beda yah, Begini Perbedaannya

Maulana Karim
Maulana Karim

Rabu, 20 Oktober 2021 23:45

Anda Harus Paham! Orang Cerdas dengan Orang Pintar Itu Beda yah, Begini Perbedaannya

Banyak orang beranggapan bahwa pengertian orang pintar dan orang cerdas itu memiliki arti yang sama, padahal sebenarnya keduanya berbeda.

Orang pintar adalah orang yang pandai. Sementara orang cerdas adalah orang yang cerdik dan cermat dalam melihat atau memandang sesuatu.

Orang cerdas sudah pasti pintar, namun belum tentu orang yang pintar termasuk orang yang cerdas atau memiliki kecerdasan.

Dilansir dari Ringtimes Bali,Rabu (20/10/2021), setidaknya ada enam perbedaan orang pintar dan orang cerdas yang perlu diketahui.

1. Orang cerdas mengandalkan logika dan pengetahuan, Orang pintar mengandalkan pengetahuan

Orang pintar seringkali dikaitkan dengan prestasi akademik yang dicapainya karena orang pintar hanya bisa menjawab hal-hal yang dipelajari.

Berbeda dengan orang pintar, orang cerdas mengandalkan logika dan pengetahuan sebagai pendukungnya.

Orang cerdas tidak hanya mempelajari satu bidang, melainkan berbagai bidang pengetahuan lainnya.

2. Orang cerdas lebih kreatif, orang pintar lebih disiplin dan teratur

Ketika menyelesaikan masalahnya, orang cerdas akan berpikir kreatif untuk mencari solusi masalahnya agar dapat selesai dalam waktu yang singkat dan tepat.

Disisi lain, orang pintar akan menyelesaikan masalahnya dengan pengetahuan yang diketahuinya saja sehingga terkadang membutuhkan waktu yang lama.

3. Orang cerdas bisa dicintai, orang pintar bisa dibenci

Orang cerdas akan selalu mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitarnya sehingga bisa dicintai orang sekitarnya.

Dengan ilmu yang dimiliki orang pintar, bila golongan orang tesebut tidak bisa membagikannya ke lingkungan sekitarnya, maka orang pintar bisa dibenci karena dianggap orang yang pelit.

4. Orang cerdas berpikir pendek, orang pintar berpikir panjang

Orang cerdas memiliki cara berpikir yang pendek dan menganggap risiko yang diambilnya sedikit dan terus berusaha agar risikonya kecil.

Sementara orang pintar akan berpikir panjang karena terlalu memikirkan risiko yang mungkin lebih besar akan menimpanya.

5. Orang cerdas selalu berusaha, orang pintar selalu berpikir

Orang cerdas akan selalu berusaha untuk bangkit ketika mengalami kegagalan, sementara orang pintar akan selalu berpikir mencari cara untuk bangkit dari kegagalan.

Oleh karena itu, orang cerdas akan lebih cepat bangkit dari kegagalan daripada orang pintar yang hanya berpikir terus-menerus sampai menghabiskan waktu berharganya.

6. Cerdas diperoleh sebelum lahir, pintar diperoleh setelah lahir

Cerdas atau kecerdasan merupakan bawaan dari lahir dan tidak bisa ditemukan dan dicari.

Sementara untuk menjadi pintar membutuhkan proses untuk memahami suatu hal terlebih dahulu dengan jangka waktu tertentu.

Oleh karenanya, tidak heran bila orang cerdas selangkah lebih maju karena selalu berusaha dan lebih kreatif.(*)

 Komentar

 Terbaru

News29 November 2021 23:43
Sejumlah ASN Pemkab Pinrang Teridentifikasi Menerima Bansos
PINRANG — Berdasarkan data yang telah dirilis Kemensos, terdapat 31.624 Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut menerima Bantuan Sosial (Bansos) y...
Peristiwa29 November 2021 23:26
Empat Pekerja Tambang Pasir Di Pinrang Terseret Arus Sungai Saddang
PINRANG – Nasib naas menimpa empat pekerja tambang pasir di Kabupaten Pinrang. Pasalnya, keempat warga Lasape Desa Katomporang Kecamatan Duampan...
Hukum & Kriminal29 November 2021 23:17
Palu Sidang Diketok, Nurdin Abdullah Divonis 5 Tahun Penjara
Sidang untuk kasus dugaan tindak pidana korupsi terhadap terdakwa Nurdin Abdullah akhirnya masuk pada pembacaan vonis, Senin (29/11/2021). Majelis hak...
News29 November 2021 23:03
Peringati HUT Ke – 58, Yonif 721 Mks Gelar Khitanan Massal
PINRANG — Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke – 58, Batalyon Infanteri (Yonif) 721 Makassau (Mks) menggelar kegiatan Bakti...