Logo Lintasterkini

Pemprov Sulsel Akan Libatkan KPK Tertibkan Aset Negara

Budi S
Budi S

Kamis, 21 Januari 2021 16:43

Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani.
Sekprov Sulsel, Abdul Hayat Gani.

MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel terus mengoptimalkan peningkatan sumber pendapatan daerah. Yang juga bersumber dari pengelolaan aset.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan dilibatkan untuk menertibkan aset milik negara atau pemerintah provinsi.

Hal itu dikemukakan Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Hayat Gani usai rapat rapat koordinasi Monitoring Control for Prevention (MCP) 2021 Satgas KPK wilayah Sulsel via virtual di Makassar, Kamis (21/02/2021).

“Optimalisasi aset dilakukan agar aset-aset tersebut tidak tidur, dan bisa jadi sumber pendapatan,” tuturnya dalam keterangan resminya.

Tidak hanya Pemprov Sulsel saja, Abdul Hayat pun berharap kepada pemerintah kota/kabupaten lainnya untuk melakukan optimalisasi aset. Dengan mengawal dan menyelamatkan aset demi kepentingan rakyat.

“Gubernur selalu berharap agar ke depan pajak kendaraan bermotor tidak menjadi satu-satunya sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD),” pungkasnya.

Selain itu, Abdul Hayat juga menekankan bagaimana cara mengatur pengadaan barang dan jasa. Termasuk soal perencanaan dan penganggaran APBD. Serta tata kelola dana desa, kapabilitas APIP yang harus dipastikan.

“Karena memang ujung tombaknya ini adalah Inspektorat. Kemudian, pelayanan terpadu satu pintu, dan optimalisasi pendapatan daerah,” pungkasnya.

“Inilah yang menjadi fokus yang diprogramkan oleh MCP, yang merupakan alat kontrol nantinya untuk memudahkan pengawasan kita semua,” lanjut dia.

Abdul Hayat menambahkan, Pemprov Sulsel juga berupaya memperkuat manajemen dan budaya kerja Aparatur Sipil Negara (ASN). (*)

 Komentar

 Terbaru

Asrul Susul Rekannya ke Sel Usai Keroyok Warga Hingga Tewas
Hukum & Kriminal07 Maret 2021 20:16
Asrul Susul Rekannya ke Sel Usai Keroyok Warga Hingga Tewas
Asrul sempat buron selama empat bulan. Dia melarikan diri setelah menganiaya warga bersama rekannya hingga tewas, pada Desember 2020 lalu....
Fatmawati Ajak Partai Gelora Bersinergi Bangun Makassar
Politik07 Maret 2021 19:45
Fatmawati Ajak Partai Gelora Bersinergi Bangun Makassar
Fatmawati mengajak seluruh kader Partai Gelora menjadi starter point dalam membangun serta mengawal Kota Makassar menjadi lebih maju lagi....
Danny Pomanto Berbagi Pengalaman Politik di Rakorwil Partai Gelora
Politik07 Maret 2021 19:24
Danny Pomanto Berbagi Pengalaman Politik di Rakorwil Partai Gelora
Danny Pomanto berkesampatan menghadiri Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Partai Gelora Indonesia di Claro Hotel, Makassar, Minggu (07/03/2021)....
Penerimaan Pegawai Kontrak di Disdamkar Makassar Akan Dibuka Via Online
News07 Maret 2021 18:27
Penerimaan Pegawai Kontrak di Disdamkar Makassar Akan Dibuka Via Online
Hanya saja kata Muncu, untuk proses pemberkasan tetap dilakukan tatap muka. Sebab, pelamar harus memasukkan berkasnya....