Logo Lintasterkini

Anggota DPRD Mimika Belajar Pengelolaan Bank Sampah di Makassar

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Senin, 21 Juni 2021 16:23

DPRD Mimika dan Pemkot Makassar berfoto bersama di Ruang Sekda Lantai 9 Balai Kota Makassar, Senin (21/06/2021).
DPRD Mimika dan Pemkot Makassar berfoto bersama di Ruang Sekda Lantai 9 Balai Kota Makassar, Senin (21/06/2021).

MAKASSAR — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua belajar pengelolaan sampah di Pemkot Makassar, Senin (21/6/2021).

Dari DPRD Mimika, dihadiri oleh pimpinan dan Komisi C. Kemudian disambut oleh beberapa pejabat Pemkot.

Di antaranya, ada Asisten II, Sittiara Kinnang, Sekretaris DLH, Iskandar, dan Kabag Hukum, Hari. Juga hadir Ketua Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI), Saharuddin Ridwan.

Kedatangan DPRD Mimika bermaksud untuk belajar mengelola sampah secara terpadu.

Wakil Ketua DPRD Mimika, Aleks Tsenawatme menilai penanganan sampah di Makassar telah dilakukan dengan baik. Terlebih dengan hadirnya Bank Sampah.

“Sangat bersyukur sekali, di sini kami bisa mendapatkan banyak hal terkait pengolaaan sampah. Dan kami lihat Makassar di Indonesia Timur sebagai kota yang bersih,” ujarnya,

Mengenai Bank Sampah, ia berharap Mimika juga bisa menerapkan program yang serupa. Rencana, pihaknya bakal mengundang ASOBSI untuk bisa membantu mereka.

“Mudah-mudahan dalam waktu ini kita juga pulang, semoga kita bisa undang beliau (Saharuddin Ridwan) dan bisa memberikan sosialisasi pengelolaan sampah di Timika,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua ASOBSI, Saharuddin Ridwan mengapresiasi kedatangan dari DPRD Mimika. Pihaknya pun, kata dia, siap untuk membantu mensosialisasikan sampah pengelolaan sampah terpadu.

“Mereka tertarik dan ingin mengajak bekerjasama. Kami akan senang hati membantu,” kata pria yang akrab disapa Sahar ini.

Demikian juga dengan regulasi penanganan sampah terpadu. Pembuatan dokumen Kebijakan Strategis Daerah (Jakstrada) terkait pengelolaan sampah akan dibantu oleh pihaknya.

“Kita akan mendorong bagaimana membuat Jakstrada. Selama ini rupanya mereka tidak punya itu. Dokumen itu dibuat agar mereka bisa melakukan pengelolaan sampah secara terpadu,” tukasnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

Bersama Melawan Covid-1930 Juli 2021 00:02
Sinergitas dengan Kampus, Kapolrestabes Makassar Ajak Mahasiswa Vaksin
Witnu juga menambahkan bahwa semoga vaksin yang disalurkan untuk mahasiswa STMIK Handayani akan mencover sehingga tidak mudah untuk terpapar pandemi c...
Hukum & Kriminal29 Juli 2021 23:48
Polda Sulsel Akhirnya Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Korupsi RS Batua Makassar
MAKASSAR– Kasus dugaan korupsi proyek RS Batua Makassar terus berlanjut dalam penyelidikan polisi. Kali ini, Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel ki...
News29 Juli 2021 23:09
Plt Gubernur Apresiasi Kakek 67 Tahun di Makassar yang Bersepeda Belasan Kilo demi Vaksinasi
MAKASSAR– Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, menemui seorang kakek yang rela bersepeda untuk mendapatkan vaksin. Perjuangannya diapres...
News29 Juli 2021 22:53
Wali Kota Makassar Bakal Naikkan Insentif Satgas Pengangkut Jenazah Corona
MAKASSAR– Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan (Danny) Pomanto akan menaikkan insentif tim satgas pengangkut jenazah covid-19. Tingginya kasus kemati...