Logo Lintasterkini

Ruas jalan rusak, Jln Gunung Bawakaraeng Sinjai, Perbaikan jalan

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 22 Februari 2021 09:54

Warga Sinjai, Amir Mustafa, H. Abdullah Teru, Muh. Thoriq.
Warga Sinjai, Amir Mustafa, H. Abdullah Teru, Muh. Thoriq.

Rusak Parah, Warga Sinjai Pertanyakan Perbaikan Ruas Jalan Bawakaraeng

SINJAI — Pada beberapa titik di poros Jalan Gunung Bawakaraeng Kota Sinjai sudah bertahun tahun mengalami kerusakan parah. Mirisnya, kerusakan jalan itu terkesan dibiarkan oleh instansi terkait.

Kondisi jalan poros ini memprihatinkan, berlubang dan setiap saat menjadi genangan air selokan yang berbau tak sedap. Keadaaan jalan yang rusak parah itu mengundang pertanyaan dari berbagai warga sekitar, termasuk para pengguna jalan yang melintasinya.

Salah seorang warga di jalan itu, H. Amir Mustafa, Minggu (21/2/2021) mengatakan, kerusakan parah Jl. Gunung Bawakaraeng Sinjai sudah cukup lama. Salah satu penyebabnya adalah selokan yang tersumbat sampah dan tidak terurus.

Akibat kerusakan jalan berlubang, sehingga saat musim hujan jalan berubah menjadi genangan air. Kondisi tersebut menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan.

“Kalau musim hujan, sangat parah jalannya. Sesaat seperti terjadi banjir dan sudah cukup banyak pengendara motor yang terjatuh,” kata Amir Mustafa.

Menurut Amir Mustafa, yang sehari-harinya berdagang di Pasar Sentral Sinjai ini, semestinya pihak terkait sudah perlu memberi perhatian untuk melakukan rehabilitasi peningkatan kualitas jalan. Terutama juga melakukan peningkatan perbaikan saluran air di sekitar ruas jalan Gunung Bawakaraeng tersebut.

Hal yang sama juga ditegaskan oleh warga masyarakat yang sering melewati jalan itu, H. Abdullah Teru. Dia menyarankan sebaiknya selokan jalan direhabilitasi dengan menggali agar dapat menambah kedalaman selokan. Sehingga saat hujan turun, selokan tidak menjadi tersumbat, yang bisa menaikkan air ke permukaan jalanan.

“Jika selokan pada jalan itu dibenahi, dengan melakukan penggalian dan membersihkan sampah yang menyumbat selokan itu, akan memudahkan jalan air dan tidak ada lagi genangan di tengah jalan pada musim penghujan,” kata Ketua Komunitas Sepeda Expedition Sinjai ini.

Warga masyarakat sepanjang ruas jalan Gunung Bawakaraeng dan pengguna jalan berharap banyak kerusakan parah di ruas jalan tersebut diberi skala prioritas.

“Jika instansi terkait memperhatikan dan menjadikan skala prioritas peningkatan ruas Jalan Gunung Bawakaraeng Sinjai, tentu masyarakat dan pengguna jalan akan merasa nyaman dengan pelayanan publik yang semakin berkualitas,” kata Muhammad Thoriq, salah seorang warga sekitar, yang juga adalah mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNM ini. (*)

Penulis : ila / ulla

 Komentar

 Terbaru

IRT di Makassar Ditangkap Lakoni Pemalsuan KTP dan Ijazah Sejak 2016
Hukum & Kriminal24 Februari 2021 23:43
IRT di Makassar Ditangkap Lakoni Pemalsuan KTP dan Ijazah Sejak 2016
Sekali pesan, dia memperoleh keuntungan Rp100 ribu hingga Rp150 ribu....
Gubernur Sulsel Ajak Warga Beralih Gunakan Pertalite
News24 Februari 2021 20:49
Gubernur Sulsel Ajak Warga Beralih Gunakan Pertalite
Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mendukung Program Langit Biru (PLB) PT Pertamina yang lebih ramah terhadap lingkungan....
88% Pejabat Kuasai Randis di Makassar Tak Kooperatif
Pemerintahan24 Februari 2021 20:30
88% Pejabat Kuasai Randis di Makassar Tak Kooperatif
Para pejabat yang menguasai lebih dari satu randis diharap untuk segera mengembalikannya....
Polisi Sita 1 Kg Sabu dari Tangan Kakak Beradik di Makassar
Hukum & Kriminal24 Februari 2021 19:07
Polisi Sita 1 Kg Sabu dari Tangan Kakak Beradik di Makassar
Sabu-sabu itu rencananya akan diedarkan di kota berjuluk Anging Mammiri ini. Namun, asal barang bukti itu belum diketahui....