Logo Lintasterkini

Tak Banyak yang Tahu, Data Pribadi Anda Direkam dan Dimiliki oleh Google

Supriadi Lintas Terkini
Supriadi Lintas Terkini

Senin, 23 Desember 2019 14:28

Ilustrasi. (Int)
Ilustrasi. (Int)

Berbicara soal Google tentunya sudah tidak asing lagi bagi semua kalangan manusia saat ini. Pasalnya, layanan Google kini menjadi salah satu bagian dari keseharian sebagian manusia. Bahkan Om Google sapaan akrab di kalangan Milenial itu setiap hari kita pasti berhubungan dengan layanan milik Google.

Paling tidak setiap hari kita berhubungan dengan layanan Google Chrome untuk berselancar di dunia maya atau Google mail (gmail) untuk urusan kirim mengirim surat secara elektronik atau dengan youtubenya yang kerap menjadi hiburan.

Kendati demikian, hampir semua manusia begitu tergantung pada layanan Google. Namun, yang perlu diketahui bahwa di balik ketergantungan ini adalah hal yang harusnya membuat kita tidak nyaman. Google tahu semua tentang kita!

Diam-diam Google menyimpan data kita. Data-data ini diperoleh dari semua layanan Google pakai. Google mengetahui informasi mengenai kita dari riwayat (histrory) kegiatan kita di dunia maya.

Berikut beberapa layanan Google yang mengumpulkan data tentang Anda.

Google Maps

Aplikasi ini mengumpulkan data tentang lokasi hingga tempat yang pernah dikunjungi. Google akan memperoleh akses data ini ketika pengguna aktifkan navigasi dan Global Positioning System (GPS).

Waze

Aplikasi ini memiliki fungsi yang sama dengan Google Maps. Google mengakuisisi aplikasi ini pada 2013 lalu dan beberapa fiturnya sudah dimasukkan ke Google Maps.

Google Chrome

Ini adalah web browser paling banyak digunakan di dunia. Chrome menyimpan semua data tentang situs yang pernah dikunjungi pengguna.

Google Search

Layanan ini mengumpulkan riwayat (history) setap pencarian (search) yang dilakukan penggun di web saat menggunakan mesin pencari Google. Banyak informasi yang didapatkan dari sana dan akan lebih lengkap bila dipadu dengan layanan lain.

YouTube

Ini aplikasi berbagi video milik Google. Aplikasi ini mengumpulkan data semua video yang dicari pengguna dan yang ditonton oleh pengguna.

Gmail

Layanan surat elektronik ini mengumpulkan tentang siapa yang berhubungan dengan penguna, barang yang dibeli pengguna, daftar kontak pengguna dan banyak hal lainnya.

Google Foto

Layanan ini mengumpulkan data tentang foto yang diambil dan disimpan oleh penggunanya

Google Drive

Layanan ini bisa mengumpulkan mengenai semua data-data yang disimpan pengguna di Google Drive.

Google Fit

Layanan ini mengumpulkan semua tentang data kesehatan dan target yang dibuat pengguna selama berolahraga.

Google Calendar

Semua jadwal, janji ketemu hingga konser yang akan dihadiri akan diketahui Google bila pengguna memasukkan data tersebut ke dalam Google Calendar.

Android

Ini adalah operating system (OS) yang digunakan di ponsel. Semua aktivitas pengguna bisa diketahui Google bahkan aplikasi yang digunakan atau sudah dihapus pengguna bisa diketahui Google.

 Komentar

 Terbaru

News23 Mei 2024 09:20
10 Tanda Orang Cemburu pada Kehidupanmu
LintasTerkini.com – Cemburu adalah emosi manusia yang umum dirasakan, namun ketika orang di sekitar kita merasa cemburu pada kehidupan kita, hal...
News23 Mei 2024 08:15
Pj Gubernur Zudan Bersama Istri Sapa Pasien di RSKD Dadi Makassar
MAKASSAR – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof Zudan Arif Fakrulloh, bersama istri, Ninuk Triyanti Zudan, meninjau pelayanan ...
News22 Mei 2024 21:33
Pj Bupati Pinrang Ikuti Rakornas Pengawasan Intern 2024 via VC
PINRANG — Penjabat (Pj) Bupati Pinrang H.Ahmadi Akil,SE,MM berkesempatan mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengawasan Intern tahun ...
News22 Mei 2024 19:35
Satlantas Polres Sidrap Beri Edukasi Lalulintas ke Anak TK Negeri Pertiwi
SIDRAP – Kasat Lantas AKP Nawir, SE diwakili oleh Kanit Kamsel Sat Lantas Polres Sidrap AIPTU Suryadi menerima kunjungan Anak TK Negeri Pertiwi ...