Logo Lintasterkini

Vaksinasi Lansia Sudah Siap, Ini Syaratnya

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 24 Februari 2021 07:39

Vaksinasi tahap kedua, salah satu prioritas penerima vaksin yakni lanjut usia (lansia).
Vaksinasi tahap kedua, salah satu prioritas penerima vaksin yakni lanjut usia (lansia).

JAKARTA — Sebanyak kurang lebih 7,5 juta dosis vaksin siap didistribusikan ke 34 provinsi pada Februari 2021. Vaksinasi tahap kedua akan fokus di provinsi wilayah Jawa-Bali sehingga vaksin akan didistribusikan sesuai dengan proporsi di mana Jawa-Bali mendapatkan kurang lebih 70% dari proporsi yang ada saat ini.

Golongan masyarakat lanjut usia (lansia) dengan usia 60 tahun ke atas jadi salah satu kelompok prioritas pada program vaksinasi tahap kedua.
dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan menyatakan lansia didahulukan, karena risiko kematian dan kesakitan akibat terinfeksi COVID-19 pada golongan umur tersebut meningkat 20-30%.

“Sehingga kelompok lansia, jadi salah satu prioritas bersama dengan petugas pelayanan publik di tahap ini,” terang dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid dalam Dialog Publik “Vaksinasi Tahap 2: Cinta untuk Lansia” yang diselenggarakan oleh KPCPEN, Senin (22/2/2021).

Untuk pendaftaran lansia ada dua mekanisme, yakni melalui website www.kemenkes.go.id. Mekanisme kedua adalah Kemenkes bekerja sama dengan instansi, organisasi keagamaan, dan organisasi masyarakat.

“Pekan depan sebagian wilayah sudah bisa mulai vaksinasi ini,” terang dr. Siti Nadia.

dr. Siti Nadia menjelaskan prasyarat bagi lansia untuk bisa divaksinasi pada waktunya nanti. Dikatakannya, lansia yang selama ini memiliki penyakit kronik seperti sakit jantung, kelainan darah, penyakit ginjal, diharapkan untuk melakukan kontrol medis terlebih dulu ke dokter.

Ianmenegaskan, lansia yang akan divaksin dapat dipastikan dokter yang mengontrol kondisi kesehatannya memberikan keterangan layak vaksinasi. Selain itu, syarat lain yakni dimana lansia yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid seperti asma, hipertensi, gula darah, sebaiknya diobati terlebih dulu.

“Ketika sudah terkontrol kesehatannya dengan baik, maka penerima vaksin lansia baru bisa divaksinasi,” katanya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Kasus Korupsi di Sulsel Diduga Sudah Berlangsung Lama dan Terorganisir
Hukum & Kriminal01 Maret 2021 03:04
Kasus Korupsi di Sulsel Diduga Sudah Berlangsung Lama dan Terorganisir
"Korupsi adalah kejahatan terorganisir yang terjadi dalam rentang waktu yang sudah lama. Jika benar ada korupsi di Sulsel dan diduga melibatkan gubern...
Vaksinasi Tahap 2, Wartawan dan Pekerja Media Termasuk Prioritas
Bersama Melawan Covid-1901 Maret 2021 02:17
Vaksinasi Tahap 2, Wartawan dan Pekerja Media Termasuk Prioritas
"Meskipun, ada kelompok yang menjadi prioritas penerima vaksin, pemerintah menjamin bahwa nantinya vaksin dapat diakses dengan mudah oleh semua kelomp...
Vaksinasi COVID-19 Menyasar Gedung KPK
Bersama Melawan Covid-1901 Maret 2021 00:32
Vaksinasi COVID-19 Menyasar Gedung KPK
"Penetapan ini sudah melalui pertimbangan-pertimbangan yang juga berbasis data," jelas Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, d...
Ini Progres Posko Covid-19 Menurut Satgas
Bersama Melawan Covid-1901 Maret 2021 00:26
Ini Progres Posko Covid-19 Menurut Satgas
"Melihat hasil evaluasi kinerja posko periode 11 - 22 Februari 2021, bahwa aktivitas paling banyak dilakukan saat ini adalah edukasi dan sosialisasi 3...