Logo Lintasterkini

Mulut Anda Selalu Terasa Kering Saat Bangun Tidur? Ternyata 5 Faktor Ini Penyebabnya

Maulana Karim
Maulana Karim

Minggu, 24 Oktober 2021 07:11

Ilustrasi Bangun Tidur. (Freepik.com)
Ilustrasi Bangun Tidur. (Freepik.com)

Biasanya saat bangun tidur orang akan mengalami mulut yang terasa kering. Mulut dan tenggorokan yang kering bisa menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Meskipun ini adalah kondisi yang normal tetapi terasa sangat tidak nyaman.

Mulut yang kering biasa terjadi karena Anda tidak menghasilkan cukup air liur selama Anda tertidur. Namun, mengutip dari Livestrong, kekurangan air liur ternyata merupakan gejala atau efek samping dari masalah kesehatan.

Dilansir dari Liputan6.com, Ahad (24/10/2021), yang sumbernya dari Livestrong, berikut ini adalah 5 penyebab mulut kering di pagi hari menurut ahli periodonti dan ahli mikrobiologi, Frank A. Scannapieco, DMD, PhD.

Mengonsumsi Alkohol atau Kafein

Konsumsi kafein dan alkohol bisa menjadi salah satu penyebab langit-langit di mulut Anda menjadi kering.

Menurut National Institute of Dental and Craniofacial hal tersebut disebabkan karena kafein dan alkohol membuat sedikit dehidrasi, sehingga bisa menyebabkan mulut kering.

Dehidrasi

Jika mulut Anda terasa kering, biasanya merupakan indikasi bahwa seluruh tubuh Anda membutuhkan lebih banyak cairan.

Menurut Dr. Scannapieco, ketika Anda mengalami dehidrasi, Anda tidak memiliki cairan yang cukup untuk menghasilkan air liur. Air liur adalah 99 persen H2O.

Jika Anda tidak mengonsumsi air yang cukup sepanjang hari, Anda bisa mengalami dehidrasi dan mulut akan terasa kering di pagi hari.

Bernapas Melalui Mulut

Apakah Anda sering terbangun dengan mulut yang terbuka lebar? Mungkin Anda bernapas melalui mulut selama Anda tertidur. Mulut yang kering ketika bangun tidur di pagi hari juga bisa disebabkan oleh napas melalui mulut saat sedang tidur.

Menurut Dr. Scannapieco, jika Anda tertidur dengan mulut terbuka, jaringan mulut akan mengering terutama jaringan yang paling dekat dengan bibir Anda.

Bernafas melalui mulut adalah hal yang sangat umum terjadi, terutama ketika Anda sesak. Misalnya seperti saat hidung tersumbat. Kondisi ini membuat Anda kesulitan untuk bernafas melalui lubang hidung Anda, sehingga Anda bernafas dengan mulut.

Kemungkinan Mengalami Sleep Apnea

Seorang pendengkur kronis yang bangun dengan kondisi mulut yang kering mungkin merupakan tanda Anda mungkin mengalami sleep apnea, gangguan tidur yang ditandai dengan pernapasan yang tidak normal saat sedang tidur.

Orang-orang dengan kondisi ini mengalami gangguan pernapasan, terengah-engah, dan mendengkur keras. Gangguan ini bisa membuat membuat Anda bernapas melalui mulut dan menyebabkan mulut kering.

Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu

Beberapa obat bisa mengganggu mulut Anda dan bisa mengurangi aliran air liur. Dr Scannapieco mengatakan obat-obatan dapat bekerja pada sistem saraf pusat atau pada sel sekretori kelenjar ludah yang bisa mengurangi produksi air liur.

Beberapa obat-obatan tersebut seperti obat yang digunakan untuk mengobati Depresi dan kandung kemih yang bisa menyebabkan mulut kering.

Kemudian beberapa antihistamin, pelemas otot, dan obat pereda nyeri juga memiliki efek samping yang membuat mulut kering.

Seiring bertambahnya usia, kita cenderung mengonsumsi banyak obat sehingga memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap kondisi mulut yang kering. Faktanya 1 dari 5 orang dewasa mengalami xerostomia atau mulut kering.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Mei 2022 19:32
Ciduk Tiga Pelaku Narkoba, Barang Bukti Dua Bal Sabu
PiNRANG — Tiga pelaku narkoba, HR, IR dan HD tak berkutik saat diciduk personel Satuan Resnarkoba Polres Pinrang di dua lokasi (TKP) berbeda bel...
Ekonomi & Bisnis20 Mei 2022 17:29
Hotel Royalbay Lepas dari Fox Lite, Hadirkan Banyak Paket Menarik
MAKASSAR – Hotel Royalbay kini tidak lagi berada dibawah naungan management Fox lite, tetapi diatur dan di manage oleh management lokal Royalbay...
News20 Mei 2022 16:09
Pokdar Kubar Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal
KUTAI BARAT – Kelompok Sadar Ketertiban dan Keamanan ( Pokdar) Kabupaten Kutai Barat dibawa pimpinan Mathias Genting, SH mensponsori pertemuan S...
Liputan Khusus20 Mei 2022 14:14
Tempat Cetak Pelat Palsu Berkeliaran di Makassar, Polisi Razia Pelat Modifikasi – Bagian 2, Selesai
MAKASSAR – Guna mengurangi penggunaan pelat modifikasi dan pelat palsu, pihak Subdit Gakum Ditlantas Polda Sulsel, Jumat (20/5/2022), menggelar ...