Logo Lintasterkini

Berpuasa Ramadan Justru Bikin Gemuk, Mengapa Bisa?

Redaksi
Redaksi

Senin, 25 Maret 2024 21:05

Ilustrasi.
Ilustrasi.

LintasTerkini.com – Setiap tahun umat Muslim di seluruh dunia menyambut bulan Ramadan dengan penuh kegembiraan dan antusiasme. Selama bulan suci ini, umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam sebagai bentuk pengorbanan dan spiritualitas.

Namun, di tengah semangat berpuasa ini, ada fenomena yang sering kali menjadi perbincangan, yaitu peningkatan berat badan pada sebagian orang yang berpuasa. Hal ini sering kali menimbulkan pertanyaan, mengapa berpuasa Ramadan justru dapat membuat seseorang gemuk?

Beberapa faktor dapat menjelaskan fenomena ini, di antaranya adalah:

1. Pola Makan yang Tidak Seimbang
Salah satu penyebab utama dari peningkatan berat badan saat berpuasa Ramadan adalah pola makan yang tidak seimbang. Ketika berbuka puasa, banyak orang cenderung mengonsumsi makanan berkalori tinggi dan mengandung lemak yang tinggi pula.

Makanan-makanan ini seringkali dihidangkan dalam jumlah yang besar sebagai bentuk keramahtamahan dan tradisi, tanpa memperhatikan porsi yang sehat.

2. Kurangnya Aktivitas Fisik
Selama berpuasa Ramadan, banyak orang cenderung mengurangi aktivitas fisik mereka untuk menghindari kelelahan. Kekurangan aktivitas fisik ini dapat menyebabkan penurunan metabolisme tubuh dan akhirnya berdampak pada penumpukan lemak.

Terlebih lagi, setelah berbuka, kebanyakan orang merasa terlalu lelah untuk melakukan olahraga atau aktivitas fisik lainnya.

3. Konsumsi Gula yang Berlebihan
Makanan dan minuman manis seringkali menjadi andalan saat berbuka puasa. Kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda atau makanan penutup yang mengandung gula tinggi dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat diikuti oleh penurunan drastis.

Hal ini dapat memicu rasa lapar yang berlebihan dan membuat seseorang makan lebih banyak dari yang seharusnya.

4. Kurangnya Hidrasi
Terkadang, saat berpuasa, seseorang cenderung kurang minum air karena khawatir harus sering buang air kecil. Kekurangan cairan ini dapat mengecoh otak untuk mengira bahwa seseorang merasa lapar, padahal sebenarnya tubuh hanya membutuhkan cairan.

Akibatnya, seseorang bisa mengonsumsi lebih banyak makanan untuk mengatasi rasa lapar yang sebenarnya disebabkan oleh dehidrasi.

5. Pola Makan Malam yang Terlambat
Saat berbuka puasa, banyak orang cenderung makan malam terlalu larut. Konsumsi makanan yang terlalu dekat dengan waktu tidur dapat mengganggu metabolisme tubuh dan menyebabkan penimbunan lemak.

Kesimpulan
Meskipun berpuasa Ramadan memiliki manfaat spiritual dan sosial yang besar, penting untuk memperhatikan pola makan dan gaya hidup sehat selama bulan suci ini.

Mengatur pola makan yang seimbang, tetap aktif secara fisik, mengonsumsi makanan yang bergizi, dan memastikan untuk tetap terhidrasi dengan baik adalah langkah-langkah penting untuk mencegah peningkatan berat badan yang tidak diinginkan.

Dengan demikian, berpuasa Ramadan dapat menjadi kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan, baik secara spiritual maupun fisik.

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan12 April 2024 16:17
Open House Idul Fitri Pemkab Gowa Tingkatkan Silaturahmi Masyarakat dan Pemerintah
GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali menggelar open house dalam rangka Idul Fitri 1445 Hijriah. Dimana kegiatan ini terakhir dilaks...
Politik12 April 2024 14:43
Menguat Kabar Istrinya Dampingi ASS Di Pilkada Gubernur, Begini Klarifikasi RMS
PINRANG — kabar yang beredar dan semakin menguat akan figur Fatmawati Rusdi yang bakal mendampingi Bakal Calon (Balon) petahana Gubernur Sulsel ...
News12 April 2024 10:10
Kepala Daerah Se-Sulsel Hadiri Open House Lebaran Pj Gubernur Bahtiar
MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, berharap agar kepala daerah se-Sulsel senantiasa menjaga silaturahmi dan kekompakan demi kesu...
Peristiwa11 April 2024 22:41
Terlibat Laka Lantas, Karyawan Indomaret Di Pinrang Dikabarkan Meninggal Dunia Di TKP
PINRANG — Kecelakaan tragis yang melibatkan seorang pengendara motor terjadi di kampung Ongkoe Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, Kamis sore...