Logo Lintasterkini

Aliansi Wartawan Pinrang Tuntut Walikota Parepare Meminta Maaf

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 25 Mei 2016 15:15

 Aksi Solidaritas Damai Aliansi Wartawan Pinrang.
Aksi Solidaritas Damai Aliansi Wartawan Pinrang.

PINRANG — Belasan jurnalis di Kabupaten Pinrang yang tergabung dalam aliansi wartawan Pinrang, Rabu (25/5/2016), siang menggelar aksi damai di pertigaan patung Lasinrang Kota Pinrang.

Aksi ini terkait pernyataan Walikota Parepare, HM Taufan Pawe, yang menuding wartawan Kota Parepare bekerja tidak profesional dalam hal memuat pemberitaan seorang warga Parepare yang meninggal di Puskesmas Madising Na Mario yang dibawa pulang dengan dibonceng motor.

Dalam pernyataannya di apel pagi tersebut, Taufan menilai, pemberitaan kasus mayat itu terlalu dilebih lebihkan dan hanya settingan semata dari awak media.

Pernyataan itulah yang mengundang kecaman dan reaksi keras dari awak media di Kota Parepare dan wilayah Ajatappareng.

Dalam orasinya, Aliansi Wartawan Pinrang mengecam dan mengutuk keras peryataan Taufan Pawe tersebut karena dianggap telah menciderai dan menghina profesi wartawan atau jurnalis.

Massa menyatakan, pernyataan seperti itu tidak seharusnya dilontarkan Taufan Pawe yang nota bene seorang pejabat negara yang punya pendidikan tinggi.

“Kami mengecam dan mengutuk keras pernyataan tersebut. Olehnya itu, Aliansi Wartawan Pinrang menuntut agar Walikota Parepare, HM Taufan Pawe menarik pernyataannya itu dan segera meminta maaf atas perbuatannya yang menghina profesi wartawan,” tegas Abdul Haris Pattong, Koordinator aksi Aliansi Wartawan Pinrang.

Haris mengancam, jika tuntutan mereka tidak dipenuhi Walikota Parepare, HM Taufan Pawe, Aliansi Wartawan Pinrang akan kembali turun menggelar aksi di depan Kantor Walikota Parepare bersama seluruh insan jurnalis di wilayah Ajatappareng.

Informasi yang dihimpun, selain di Kabupaten Pinrang, aksi mengecam dan mengutuk pernyataan Walikota Parepare HM Taufan Pawe juga berlangsung di empat daerah Ajatappareng lainnya yakni Kota Parepare, Kabupaten Barru, Sidrap dan Enrekang.

Meski sempat memacetkan jalan poros Pinrang – Parepare, aksi Aliansi Wartawan Pinrang yang berlangsung kurang lebih 30 menit ini berjalan aman, tertib dan lancar di bawah pengaman jajaran Polsek Urban Watang Sawitto diback up personil Polres Pinrang. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis24 April 2024 23:51
Hemat Hingga Rp10,9 Juta, Astra Motor Sulsel Hadirkan Program Akhir Bulan
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, mengha...
Pemerintahan24 April 2024 23:45
Pemkot Makassar Terapkan Kawasan Tanpa Rokok Dimulai dari Lorong Wisata, Sekolah Hingga Swalayan
MAKASSAR – PJ Sekda Kota Makassar, Firman Hamid Pagarra memaparkan inovasi yang dimiliki Pemkot Makassar dalam upaya penerapan Kawasan Tanpa Rok...
Pendidikan24 April 2024 17:35
STIE Amkop Makassar Bentuk Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual
MAKASSAR – Sebagai upaya menghadirkan lingkungan yang aman bagi mahasiswa. STIE Amkop Makassar Bentuk Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan...
News24 April 2024 16:05
Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Pemprov Sulsel
MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, melantik 89 pejabat administrator dan 77 pejabat pengawas di lingkup Pemprov Sulsel. Pelantik...