Logo Lintasterkini

Sempat Dibatalkan, Pembangunan Kantor Lurah Pandang Ditender Ulang

Budi S
Budi S

Senin, 26 April 2021 20:53

Kantor Lurah Pandang Terendam Banjir
Kantor Lurah Pandang Terendam Banjir

MAKASSAR – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Makassar tetap melanjutkan pembangunan kantor kelurahan Pandang. Meski tender sebelumnya sempat dibatalkan.

Hal itu diungkap Plt Kepala Dinas PU Makassar, Hamka kepada awak media, Senin (26/04/2021).

“Pelelangannya diulang karena ada dokumen pelalangan yang diperbaiki,” kata Hamka.

Perbaikan yang dimaksud terkait dengan dokumen lokasi pembangunan kantor. Sebab sebelumnya, rencana yang batal itu mengambil lokasi lain.

Semetara perbaikan dokumen pembangunan, tetap ada lokasi kantor kelurahan yang ada saat ini. Letaknya di Jalan Abddulah Daeng Sirua..

“Rencananya seperti itu dengan pertimbangan di Abdesir (Abdullah Dg Sirua) sudah ada kantor lurah dan lokasinya tercatat di bidang aset sebagai barang milik daerah,” jelas Hamka.

Diberitakan sebelumnya, pembatalan pembangunan kantor lurah Pandang itu dibuktikan dengan surat yang diterbitkan Dinas PU Makassar. Ditujukan ke Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Sekretariat Kota Makassar.

Surat itu menyangkut soal rencana pembangunan kantor Lurah Pandang di Kecamatan Panakkukang. Dinas PU meminta proses lelang tendernya dibatalkan.

Dalam suratnya, Kepala Bidang Prasarana dan Bangunan Pemerintah, Zuhaelsi Zubir menjelaskan permohonan pembatalan proses tender pembangunan kantor lurah itu.

“Di mana, perkembangan lokasi pembangunan dipermasalahkan. Sehingga, status kesiapan lahan belum jelas,” tulis Elsi sapaan akrabnya di surat yang ditandatanganinya pada 21 April 2021.

Menurut dia, pembatalan itu juga atas tindaklanjut disposisi Plt Kepala Dinas PU Makassar, Hamka.

Senada dikatakan PPTK Tender Pembangunan Kantor Lurah Pandang, Juli Nurul. Dia bilang, pembatalan itu karena status lahan belum jelas.

Pada perencanaannya, kantor Lurah Pandang akan dibangun dua lantai. Dengan anggaran kurang lebih Rp1,8 miliar.

“Tender dibatalkan untuk memperjelas status lahan kantor. Setelah jelas baru direncanakan ulang,” akunya, Jumat (23/04/2021).

Juli yang juga Kepala Seksi Pembangunan Bidang Prasarana dan Bangunan Pemerintah menyatakan, jika pihaknya tidak semerta-merta melakukan pembangunan kantor pemerintahan.

Itu dilakukan dari usulan perangkat daerah atau unit kerja terkait.

“Untuk kantor Lurah Pandang ini sesuai dengan usulan dari sana,” katanya.

Dia menambakan, jika di tahun 2021 ini, ada dua kantor lurah akan dibangun. Yakni, Kantor Lurah Cambayya dan Buakana.

Tidak mau kecolongan, pihaknya pun lansung turun meninjau lokasi pembangunan bersama Tim Aset Pemkot Makassar. Memperjelas status lahan pembangunan tersebut.

“Untuk kantor Lurah Cambayya dan Buakan ini masih dalam perampungan perencanaan,” tandasnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

News17 Mei 2021 21:32
Jadwal Job Fit Pemkot Makassar Diundur, Gegara Asisten II-Kadis PTSP Status Plt
MAKASSAR — Pelaksanaan job fit atau uji kepatutan dan kelayakan jabatan pimpinan tinggi (JPT) Pemkot Makassar dipastikan diundur. Kemungkinan dilaku...
Hukum & Kriminal17 Mei 2021 21:07
Dua Selebgram Kini Laporkan Balik Korbannya ke Polsek Tamalate
Disebutkan, kedua selebgram itu melaporkan balik korbannya ke polisi karena mereka merasa juga sebagai korban. Soalnya, sambungnya, ada sejumlah bekas...
News17 Mei 2021 19:31
Bandel! Hari Pertama Masuk Kerja 651 Pegawai Pemkot Makassar Mangkir
MAKASSAR — Ratusan pegawai Pemkot Makassar masih menambah libur Lebaran. Di hari pertama masuk kerja, ada 651 pegawai yang tidak hadir alias mangki...
News17 Mei 2021 18:48
Langgar Jam Malam, 1.145 Barang Bukti Disita Satgas Raika Tiga Pekan Terakhir
MAKASSAR — Satuan Tugas (Satgas) Pengurai Kerumunan (Raika) terus menyisir tempat usaha yang melanggar. Hasilnya, sudah 1.145 barang bukti yang disi...