Logo Lintasterkini

Longsor Dua Kali Terjadi di Toraja Utara, Tiga Warga Masih Tertimbun

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 26 April 2024 15:01

Bencana longsor terjadi di Kelurahan Tallang Sura, Kecamatan Buntao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, mengakibatkan tiga orang warga dilaporkan tertimbun material longsor, Jumat (26/4/2024)
Bencana longsor terjadi di Kelurahan Tallang Sura, Kecamatan Buntao, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan, mengakibatkan tiga orang warga dilaporkan tertimbun material longsor, Jumat (26/4/2024)

TORAJA UTARA – Bencana longsor terjadi lagi di Toraja Utara Sulawesi Selatan. Kali ini longsor berada di Kelurahan Tallang Sura, Kecamatan Buntao, Kabupaten Toraja Utara dan mengakibatkan tiga orang warga dilaporkan tertimbun material longsor, Jumat (26/4/2024).

Hal itu dibenarkan Kepala BPBD Sulsel, Amson Padolo yang dikonfirmasi, Jumat siang. Ia menjelaskan, tanah longsor terjadi pada pukul 05.30 WITA dan kemudian longsor susulan terjadi pukul 10.00 WITA. Penyebabnya akibat intensitas hujan di daerah itu sangat tinggi.

“Terjadinya hujan lebat yang mengakibatkan tanah longsor yang menimpa sebagian rumah penduduk,” ujarnya.

Dampak longsor tersebut, mengakibatkan satu rumah warga rusak berat dan sejumlah warga dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Ada lima warga sudah dievakuasi ke Puskesmas Rantebua dan satu orang Puskemas Buntao. Kemungkinan masih ada 3 orang yang tertimbun, karena masih dilakukan pencarian keluarganya,” jelasnya.

Sementara ini, kata Amson, Tim SAR gabungan belum dapat melakukan proses evakuasi, karena tanah di lokasi longsor masih labil dan masih bergerak.

“Upaya yang dilakukan sementara ini dilakukan peninjauan, alat berat yang sudah standby di lokasi longsor menunggu dan menunggu situasi aman untuk mengevakuasi,” ujarnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa06 Mei 2024 17:14
Tim Sar Gabungan Temukan Remaja Tenggelam di Sungai Jennae Kabupaten Pangkep
MAKASSAR – Nasib Arhan (9 Thn) sungguh tragis, jasadnya ditemukan tidak bernyawa dalam pencarian hari ini oleh tim sar gabungan di Sungai Jennae...
Peristiwa06 Mei 2024 16:26
Tim SAR Gabungan Evakuasi Delapan Warga yang Terisolir Banjir di Luwu
MAKASSAR – Delapan warga Dusun Larewa yang merupakan salah satu desa yang terisolir karena banjir yang melanda Kabupaten Luwu telah di evakuasi ...
News06 Mei 2024 16:18
Salah Satu Program CSR, Indosat Ooredoo Hutchison Gelar Donor Darah
MAKASSAR – Indosat Ooredoo Hutchison memulai kembali program-program sosial mereka dengan menggelar kegiatan donor darah di kantor Indosat, Jala...
Pemerintahan06 Mei 2024 15:57
Gowa Raih Kabupaten Terbaik III Nasional PPD Tahun 2024
GOWA – Kabupaten Gowa berhasil meraih Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2024 sebagai Kabupaten Terbaik III Nasional atas inovasi Produk...