Logo Lintasterkini

Lurah Lakkang Makassar Dicopot Akibat Penyalahgunaan Kewenangan

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Kamis, 27 Mei 2021 15:50

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.
Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto.

MAKASSAR — Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mencopot Lurah Lakkang Kecamatan Tallo M Zuud Arman. Akibat penyalahgunaan kewenangan.

Lurah Lakkang disebut menyalahgunakan kewenangan dalam penerbitan dokumen Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Danny—sapaan Moh Ramdhan Pomanto mengatakan keputusan itu diambil sebagai sanksi atas pelanggaran yang ditemukan.

“Ya masalah pajak, saya sudah tanda tangani (surat pencopotan),” ujarnya kepada awak media di Balaikota Makassar, Kamis (27/5/2021).

Keputusan ini, kata Danny, diambil berdasarkan hasil analisis Inspektorat Makassar dan Badan Kepegawaian dan Pengelolaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM).

Hasilnya, kedua instansi tersebut menyimpulkan M Zuud Arman melakukan pelanggaran berat sebagai apratur sipil negara (ASN).

Danny menilai tindakan itu fatal dan tidak seharusnya terjadi. Sehingga hukuman tersebut sudah tepat diberikan dan menjadi pelajaran bagi pegawai pemerintahan lainnya.

“Itu tergolong pelanggaran berat, jadi saya langsung ambil keputusan itu (pencopotan),” tegasnya.

Inspektorat Kota Makassar sebelumnya telah melakukan pemeriksaan. Keputusan yang diambil yakni M Zuud Arman telah melakukan pelanggaran berat berdasarkan LHP Nomor 0234/INSP/780.04/7/2020.

Adapun yang dilanggar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal26 Juli 2021 23:52
Dalam Sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang Ungkap Empat Kasus
PINRANG – Dalam sepekan, Satuan ResNarkoba Polres Pinrang berhasil mengungkap 4 kasus penyalahgunaan narkoba di wilayahnya. Dari pengungkapan te...
News26 Juli 2021 23:36
Gempa Bumi Susulan Kembali Guncang Sulteng, BMKG: Tak Berpotensi Tsunami
TOJO UNA-UNA– Gempa bumi kembali mengguncang wilayah Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan berkekuatan magnitudo 6,5 pada h...
Hukum & Kriminal26 Juli 2021 20:40
Tak Terima Diputuskan, Dua Pemuda di Makassar Bakar Mobil Milik Mantan Pacarnya
MAKASSAR– Seorang pria berinisial MA (25) terpaksa harus meringkuk dibalik jeruji besi Mapolrestabes Makassar lantaran nekat membakar mobil mili...
News26 Juli 2021 20:18
PPKM Level 4 di Makassar: Kegiatan di Rumah Ibadah Tidak Dibolehkan
MAKASSAR — Aturan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Kota Makassar sudah dikeluarkan. Rumah ibadah belum dibolehkan berk...