Logo Lintasterkini

Pulihkan Tubuh Setelah Begadang dengan Cara Ini

Muh Syukri
Muh Syukri

Sabtu, 27 Oktober 2012 10:47

(Foto: Thinkstock)
(Foto: Thinkstock)

(Foto: Thinkstock)

JAKARTA – Ketika Anda tidak tidur semalaman karena harus menyelesaikan pekerjaan yang mendesak, keesokan paginya tubuh akan merasa kelelahan dan Anda akan kehilangan kualitas bekerja sepanjang hari. Lakukan tindakan perbaikan di pagi hari untuk mengusir lelah akibat begadang.

Yang terbaik adalah tetap menjaga jam tidur hingga 7 sampai 8 jam setiap malam. Otak juga membutuhkan istirahat dan jika dipaksa untuk tetap bekerja, hasilnya tidak akan optimal. Tetapi jika Anda terpaksa begadang sepanjang malam karena hal mendesak, usahakan agar kondisi ini tidak berulang di malam-malam berikutnya.

Anda perlu memulihkan kondisi otak dan tubuh yang tidak mendapatkan waktu istirahat di malam hari agar tetap waspada dalam bekerja keesokan harinya.

Berikut 3 tips yang perlu Anda perhatikan untuk memulihkan otak dan tubuh setelah begadang semalaman, seperti dikutip dari sheknows, Sabtu (27/10/2012) antara lain:

1. Menenangkan pikiran
Jika Anda terjaga semalaman, Anda masih dapat memulihkan diri di pagi hari dengan memperlambat pikiran. Cobalah untuk tenang dan tidak membuang energi dengan melakukan obrolan yang tidak perlu.

Idealnya, Anda perlu bermeditasi dengan menenangkan pikiran. Studi menunjukkan bahwa secara umum, bermeditasi juga dapat memberikan efek pemulihan pada otak, tetapi tidak seoptimal ketika Anda tidur.

2. Olahraga
Olahraga dapat membangunkan tubuh yang kelelahan karena tidak tidur. Hal ini lebih efektif menjaga agar Anda tetap waspada daripada duduk berdiam diri karena hal ini dapat membuat Anda kembali mengantuk.

3. Hindari makanan berat
Jika Anda ingin tetap terjaga dan waspada, Anda harus menghindari makanan berat. Makan makanan berat ketika metabolisme tubuh sedang terganggu akibat begadang, dapat menyebabkan makanan tidak tercerna dengan baik dan kadar gula darah Anda mengalami fluktuasi.

Minumlah air perasan lemon yang kaya vitamin C yang lebih ampuh memulihkan tubuh dari kelelahan akibat begadang daripada minum kopi. Makanlah sarapan yang ringan seperti sereal atau buah-buahan seperti pisang dan apel.

 Komentar

 Terbaru

News27 Mei 2024 18:05
Gelar Hotman 911 di W Super Club Makassar, Hotman Paris Bantu Kasus Hukum di Makassar Secara Gratis
MAKASSAR – Pengacara ternama, Hotman Paris kembali mengadakan layanan bantuan hukum gratis di Makassar, Sulawesi Selatan, melalui program Hotman 911...
News27 Mei 2024 15:01
Ini 11 Jalanan di Enrekang  yang Rusak Parah, Satlantas Polres Enrekang Surati Balai Nasional
MAKASSAR – Pasca banjir dan longsor di Kabupaten Enrekang membuat sejumlah jalanan rusak parah. Tercatat ada 11 titik lokasi jalan yang rusak parah ...
Ekonomi & Bisnis27 Mei 2024 14:17
Segera Beli Tiket POV Festival Hanya di Kallafriends
MAKASSAR – Superapp Kallafriends menjalin kolaborasi sebagai official ticket partner dalam POV (Point of Views) Festival yang sudah membuka pembelia...
Hukum & Kriminal27 Mei 2024 13:37
Oknum Anggota Polda Sulsel Dilaporkan KDRT, Pelapor Terseret Hingga 10 Meter
MAKASSAR – Seorang oknum anggota Polri berinisial Bripda MA, yang bertugas di Satuan Pelayanan Markas (Yanma) Polda Sulsel, dilaporkan oleh istrinya...