Logo Lintasterkini

Instagram Flipside Meluncur, Indonesia Langsung Kebagian

Fakra
Fakra

Minggu, 28 Januari 2024 10:53

Instagram punya fitur baru yang dinamai dengan Flipside. Kehadiran  Instagram Flipside sudah "ramai" diperbincangkan di internet beberapa waktu lalu, namun fitur tersebut saat itu nampak belum tersedia di Indonesia.(foto:ist)
Instagram punya fitur baru yang dinamai dengan Flipside. Kehadiran  Instagram Flipside sudah "ramai" diperbincangkan di internet beberapa waktu lalu, namun fitur tersebut saat itu nampak belum tersedia di Indonesia.(foto:ist)

JAKARTA – Instagram punya fitur baru yang dinamai dengan Flipside. Kehadiran  Instagram Flipside sudah “ramai” diperbincangkan di internet beberapa waktu lalu, namun fitur tersebut saat itu nampak belum tersedia di Indonesia.

Namun kini, Instagram secara diam-diam meluncurkan Flipside di Indonesia.

Bagi yang sudah kebagian, akan muncul notifikasi dengan ikon “kunci” saat membuka Instagram, bertuliskan “Welcome to Flipside”.

Fitur IG Flipside memungkinkan pengguna beralih ke laman pribadi mereka yang bisa digunakan untuk memposting foto, video, hingga Reels tanpa sepengetahuan orang, atau hanya bisa dilihat oleh kontak yang dipilih saja.

Laman Instagram Flipside bisa dikunjungi dengan mengeklik tombol “kunci” di pojok kanan bawah laman profil Instagram pengguna.

Setelah itu, Instagram akan menampilkan animasi seperti suatu laman “dibalik” atau “flip”, sebelum menampilkan laman yang berisi foto atau video pribadi. Sehingga, wajar saja fitur ini disebut sebagai Flipside.

Lewat Flipside, pengguna bisa menambahkan sejumlah teman yang dianggap sangat dekat. Dengan begitu, mereka bisa melihat postingan foto atau video yang ada di laman Flipside suatu pengguna.

Nantinya, pengguna yang ditambahkan ke daftar teman dekat (close friend) Flipside akan diberi tahu via notifikasi, bahwa mereka telah dimasukkan ke dalam daftar Flipside oleh kerabatnya.

Pengguna yang ingin mem-posting sesuatu di Flipside cukup menekan tombol “+” yang ada di pojok kanan atas tampilan utama. Lalu, pilih jenis postingan yang ingin diunggah, sebagaimana tampak pada gambar di bawah ini.

Setelah itu, mereka bisa mengatur detail postingan, dan di sini, pengguna otomatis akan bisa melihat bahwa opsi “Audience” berubah menjadi “Flipside”. Artinya, postingan tersebut hanya akan diunggah ke Flipside, bukan ke laman Instagram utama, dan hanya orang-orang yang sudah ditambahkan ke daftar teman dekat Flipside saja yang bisa melihat postingan tersebut.

Seperti tampak pada gambar di atas, postingan Flipside pengguna akan dimuat dalam sebuah laman berwarna hitam, dan laman ini berbeda dengan laman profil Instagram utama mereka.

Jika ingin kembali ke profil utama Instagram, pengguna bisa kembali mengeklik ikon yang menyerupai kunci yang ada di bagian kiri bawah laman Flipside.

Nah, saat ini Flipside tampaknya sudah tersedia bagi pengguna di Indonesia, setidaknya untuk kami. Untuk mencoba fitur Flipside, pengguna di Indonesia bisa memperbarui (update) aplikasi Instagram mereka di toko aplikasi Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Jika belum mendapatkan fitur ini, pengguna agaknya harus bersabar sedikit. Sebab, fitur-fitur baru Instagram biasanya disebar secara perlahan ke seluruh pengguna dalam beberapa waktu ke depan.(***)

 Komentar

 Terbaru

News04 Maret 2024 15:41
Penghargaan Adipura 2023-2024 Kembali Diraih Pemerintah Kota Makassar
MAKASSAR – Kota Makassar berhasil masuk dalam deretan kota di Indonesia yang meraih penghargaan Adipura 2023-2024. Padahal sejak 2020, Kota Maka...
News04 Maret 2024 15:29
Alhamdulillah, Media Online Lintasterkini.com Terverifikasi Adminsitratif Dewan Pers
MAKASSAR – Memasuki usia ke 12 tahun, Media Online Lintas Terkini berhasil mencatatkan diri dengan status terverifikasi administratif di Dewan P...
News04 Maret 2024 14:15
Zaskia Gotik Masih Tunggu Izin Suami Kembali ke Panggung Hiburan
JAKARTA – Zaskia Gotik yang sempat vakum dari dunia hiburan setelah menikah dengan Sirajuddin Mahmud pada tahun 2020, masih menanti izin dari su...
News04 Maret 2024 12:36
MoU, OJK Siap Bangun Gedung Kantor di IKN
MAKASSAR – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kamis lalu menyepakati rencana pembangunan gedung kantor di area Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan penanda...