Logo Lintasterkini

KPK Bidik Kapolri Terkait Simulator SIM?

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 28 September 2012 11:57

Kantor KPK
Kantor KPK

Kantor KPK

JAKARTA– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat ini tengah menyelidiki dugaan keterlibatan Kapolri, Jenderal (Pol) Timur Pradopo dalam kasus suap simulator SIM di Korps Lalu Lintas Mabes Polri. Namun, KPK belum berencana memanggil Kapolri Jenderal Timur Pradopo untuk meminta keterangan.

Juru Bicara KPK, Johan Budi menegaskan KPK saat ini sedang fokus untuk memeriksa mantan Kakorlantas Polri, Irjen Pol. Djoko Susilo, yang besok akan diperiksa sebagai tersangka secara perdana.

“Belum ada rencana untuk memeriksa Kapolri. Besok itu jadwalnya memeriksa DS sebagai tersangka,” jelas Johan dalam keterangan persnya di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (27/9/2012).

Saat dikonfirmasi kembali apakah nantinya akan ada kemungkinan untuk memeriksa Kapolri terkait pengembangan kasus dengan nilai korupsi mencapai Rp100 miliar tersebut, Johan enggan menjawab. “Sampai saat ini belum ada kemungkinan,” sambungnya.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa Kapolri menandatangani surat penetapan pemenang tender dalam proyek Simulator SIM pada 2011 lalu, dalam surat itu, pemenang tender ditetapkan PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (CMMA) dengan nilai kontrak Rp142,4 miliar. Namun, Polri melalui Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri, Kombes Pol Agus Rianto membantah tudingan keterlibatan Kapolri Jenderal Timur Pradopo terkait dugaan korupsi Simulator SIM.

Agus justru mempertanyakan beredarnya surat dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia bernomor Kep/193/IV/2011 tertanggal 8 April 2011. Selain Kapolri, tertera beberapa paraf pejabat tinggi antara lain Kepala Sekretariat Umum, Asisten Kapolri Bidang Sarana dan Prasarana, kemudian Asisten Kapolri Bidang Perencanaan Umum dan Pengembangan. (ugo/okz)

 Komentar

 Terbaru

News25 September 2022 13:29
Satpolair Polres Bontang Amankan Pria Asal Barru Serta 30 Kg Daging Penyu
BONTANG – Aparat Satpolair Polres Bontang menangkap pelaku perburuan penyu dilindungi berinisial R (50), Jumat (23/9/2022). Dari tangan pria asa...
News25 September 2022 13:17
Tokoh Agama Papua: Proses Hukum Lukas Enembe Berjalan Adil
PAPUA – Tokoh Agama Papua, Pendeta Alberth Yoku menghimbau agar KPK dapat menggunakan berbagai metode terkait proses hukum Lukas Enembe. Tujuannya u...
Ekonomi & Bisnis25 September 2022 13:05
EventFold.com Bergerak Dibidang E-Ticketing Baru Rilis 2022
MAKASSAR – EventFold.com merupakan website yang baru dirilis pada tahun 2022 dibawah naungan PT. EVENTFOLD MINDSET DIGITAL yang bergerak dalam b...
News24 September 2022 11:24
Kasus Video Viral Aipda S, Kapolres Pinrang Meminta Maaf
PINRANG – Kapolres Pinrang AKBP Roni Mustofa mengklarifikasi terkait dugaan pelanggaran oknum polisi Aipda S yang videonya viral di media sosial...