Logo Lintasterkini

Rumah Warga di Jalan Koptu Harun Akan Digusur, Ada yang Protes

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 29 Agustus 2022 18:43

Ilustrasi
Ilustrasi

MAKASAAR – Ketua DPW BPI KPNPA RI Sulsel Amiruddin mengatakan, oknum PT. Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) yang di pimpin oleh direktur Utama Yasir Machmud saat ini melakukan tindakan tidak manusiawi dan melanggar hak asasi manusia serta semena-mena dengan melayangkan surat pengosongan tertanggal 25 Agustus 2022 kepada warga di Jalan Koptu Harun .

Yang mana, menurutnya, pengosongan akan dilaksanakan pada tanggal Selasa (30/8/2022) tanpa adanya musyawarah dengan warga yang berada di lokasi tersebut.

Berdasarkan surat penyampaian yang di tujukan kepada warga yang berada di lokasi Jalan Koptu Harun, yang mana menurut pihak PT. Sulsel Citra Indonesia (Persero) adalah tindakan penertiban terhadap aset barang dan tanah milik Pemprov Sulsel.

Pengakuan lahan di lokasi Jalan Koptu Harun sebagai aset daerah tidak sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2020 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 27 Tahun 2014 tentang Pemgelolaan Barang Milik Negara/Daerah.

“Bagaimana mungkin pihak PT. Sulsel Citra Sulawesi (Perseroda) mengakui sebagai aset sedangkan berdasarkan laporan Auditor Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia tahun 2004 aset yang dimaksud tidak terdapat dalam laporan tersebut,” ujarnya.

Warga Jalan Koptu Harus seharusnya bisa meningkatkan hak atas lahan yang di tempati sesuai undang-undang pokok agraria No. 5 Tahun 1960 dimana mereka telah menempati lahan tersebut lebih dari 40 tahun. Warga juga mempunyai keterangan domisili yang ditanda tangani oleh Pemerintah setempat serta membayar pajak bumi dan bangunan atas tanah tersebut.

“Bahwa ternyata lahan yang diakui sebagai aset Pemprov Sulsel adalah milik Intje Koemala berdasarkan Nomor Kohir 268 C1 berdasarkan papan bicara yang terpasang di lokasi lahan tersebut sejak tanggal 12 Desember 2021,” tegas Ketua DPW BPI KPNPA RI Sulsel Amiruddin. (*)

 Komentar

 Terbaru

News25 September 2022 20:04
Yasir Machmud: Anggaran KONI Sulsel Sesuai Peruntukannya
MAKASSAR – Sebanyak Rp 5 Milyar anggaran KONI Sulsel untuk tahun 2022 yang dipertanyakan oleh anggota DPRD Sulsel, ditanggapi oleh Yasir Machmud...
Hukum & Kriminal25 September 2022 17:12
Bekuk Pengedar Narkoba Asal Sidrap, Polisi Nyamar Jadi Pembeli
SIDRAP – Aparat kepolisian berhasil menangkap seorang pengedar narkoba asal Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), berinisial AM alias Bidin (52). P...
Wisata dan Budaya25 September 2022 16:39
Sunset Keren di Pantai Indah Bosowa yang Eksotik
MAKASSAR – Pantai Indah Bosowa selalu memberikan keindahan yang eksotik. Apalagi pada sore hari kalian bisa sunset keren di tempat ini. Suasana ...
News25 September 2022 13:29
Satpolair Polres Bontang Amankan Pria Asal Barru Serta 30 Kg Daging Penyu
BONTANG – Aparat Satpolair Polres Bontang menangkap pelaku perburuan penyu dilindungi berinisial R (50), Jumat (23/9/2022). Dari tangan pria asa...