Logo Lintasterkini

Sejumlah Jalan Ditutup pada Festival Lampion Makassar

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 30 September 2012 07:06

Festival lampion di Jalan Sangir
Festival lampion di Jalan Sangir

Festival lampion di Jalan Sangir

MAKASSAR – Sejumlah ruas jalan di Kota Makassar akan ditutup pada Festival Lampion yang digelar di kawasan Pecinan, Makassar, (30/9/2012).

“Festival lampion ini merupakan agenda rutin yang dilaksanakan sekali setahun untuk memeriahkan Zhon Qiu Jie atau Hari Makan Kue Bulan (pie) sedunia,” kata salah seorang tokoh masyarakat Tionghoa Yongris di Makassar, Sabtu (29/9/2012).

Sejumlah ruas jalan yang dijadwalkan ditutup menjelang festival lampion itu di antaranya Jalan Sangir, Bacan dan Sarappo, Makassar.

Selain menampilkan lampion yang dihiasi dengan ornamen yang menarik di kawasan pecinan itu, ungkap Yongris yang juga wakil ketua panitia, warga keturunan juga menyajikan kuliner khas Tionghoa dan Makassar yang akan diperkenalkan kepada pengunjung dan tamu.

Termasuk menyiapkan dua panggung pertunjukan seni budaya Mandarin di lokasi itu yang berada tak jauh dari kawasan Pelabuhan Makassar.

“Yang jelas, kegiatan ini diharapkan dapat menyukseskan sektor pariwisata khususnya kegiatan Visit South Sulawesi 2012 dan jelang Visit Makassar 2013,” katanya.

Sementara itu, salah seorang pemerhati budaya di Makassar Muh Khudri mengatakan, festival lampion tersebut diharapkan dapat menjadi kalender pariwisata yang tetap di daerah ini dan memberikan konstribusi yang positif.

“Bukan sekedar memenuhi kegiatan rutinitas tahunan atau karena ditarget oleh pihak pemerintah,” katanya. (ant)

 Komentar

 Terbaru

Wisata dan Budaya17 Mei 2022 11:53
Intip Keindahan Bukit Hijau di Taman Purbakala Sumpang Bita, Pangkep
MAKASSAR – Jalan-jalan ke Pangkajene Kepulauan (Pangkep) jangan lupa untuk singgah menikmati wisata alam Taman Purbakala di Sumpang Bita, Kecama...
Hukum & Kriminal17 Mei 2022 03:01
Bubarkan Perang Kelompok, Seorang Polisi di Gowa Luka, Enam remaja Diamankan
MAKASSAR – Personel Polres Gowa membubarkan perang kelompok antar remaja di Samping Kantor Camat Somba Opu Jalan Andi Tonro Kelurahan Bonto-bont...
Hukum & Kriminal17 Mei 2022 00:27
Arfandi Tewas Usai Ditangkap, Enam Polisi Diperiksa Propam Polda Sulsel
MAKASSAR – Sebanyak enam personel Satuan Narkoba Polrestabes Makassar menjalani pemeriksaan Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Sulawes...
Hukum & Kriminal17 Mei 2022 00:07
Anaknya Tewas Usai Ditangkap Polrestabes Makassar, Ini Pengakuan Ayah Arfandi
MAKASSAR – Mukram, ayah almarhum Muh. Arfandi Ardiansyah (18) menduga anaknya disiksa hingga disetrum hingga meninggal setelah ditangkap polisi ...