Logo Lintasterkini

Massa Beratribut Cagub Sulsel Anarkis, Pusat Pertokoan di Makassar Tutup

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 31 Januari 2013 18:08

Motor dibakar di Jalan Pattimura Makassar (dtc)
Motor dibakar di Jalan Pattimura Makassar (dtc)

Motor dibakar di Jalan Pattimura Makassar (dtc)

MAKASSAR – Ratusan orang beratribut cagub Sulsel Ilham Arif Sirajuddin-Aziz Kahar Muzakkar berkonvoi di Makassar, melempari toko, merusak mobil, dan membakar sebuah sepeda motor. Karena khawatir jadi sasaran amuk massa, pemilik toko memilih tutup.

Sejumlah toko yang tutup terletak di Jalan Somba Opu, Jalan Penghibur, Jalan Irian, dan sekitarnya. Jalan-jalan ini merupakan kawasan bisnis di Makassar. Selain toko emas, di kawasan tersebut berdiri kantor, kafe, atau toserba. Hingga pukul 17.00 WITA, tak ada tanda-tanda toko-toko tersebut bakal buka lagi.

Sebelumnya, sekitar pukul 15.00 WITA, massa beratribut Ilham Arief Sirajuddin-Abdul Aziz Qahhar Mudzakar (IA) bergerak dari Hotel Singgasana, Jalan Kajaolaliddo, tempat KPUD menggelar rapat pleno penghitungan suara Pilgub Sulsel. Dengan menggunakan truk tronton, sepeda motor, dan jalan kaki, mereka menyusuri jalan-jalan protokol. Sambil berteriak-teriak, mereka melempari toko dengan batu di Jalan Somba Opu. Kaca-kaca toko pecah berantakan.

Massa juga merusak kaca depan mobil. Di Jalan Pattimura, mereka membakar sebuah sepeda motor karena emosi sepeda motor tersebut bergambar cagub Sulsel lain.

Usai mendatangi rumah dinas Gubernur Sulsel Syahril Yasin Limpo, di Jalan Jenderal Sudirman, massa menuju sekretariat di Jalan Batu Putih Makassar. Polisi tampak mengawal iring-iringan itu, tapi tak sanggup mencegah aksi anarkis massa.

Saat ini, polisi berjaga di sejumlah titik di Makassar, seperti posko pemenangan, pusat keramaian, dan kantor KPUD. Informasi dari Polda Sulselbar, sebanyak 4 ribu personel dikerahkan.

Berdasarkan hitung cepat sejumlah lembaga survei, calon incumbent Syahril Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang memenangi Pilgub yang digelar, Selasa (22/1/2013) lalu. Pasangan yang diusung Partai Golkar dan koalisi ini mengalahkan pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Abdul Aziz Qahhar Mudzakar (IA) dan pasangan Andi Rudiyanto Asapa-Andi Nawir Pasinringi. Namun pemenang resmi baru akan diumumkan KPUD, Jumat (1/2/2013) besok.

(dtc)

 Komentar

 Terbaru

Nasional18 Mei 2022 13:47
Soal UAS Ditolak Masuk Singapura, Abu Janda Bilang Pemerintah Jangan Bela
JAKARTA – Kali ini penggiat media sosial Permadi Arya atau yang akrab disapa Abu Janda kembali berkomentar terkait dengan kebijakan Singapura ya...
Hukum & Kriminal18 Mei 2022 11:28
Arfandi Tewas Setelah Ditangkap Polisi, Kabid Humas : Belum Ada Tersangka
MAKASSAR – Sebanyak enam orang oknum polisi masih diamankan pihak Propam Polda Sulsel terkait kematian Muh Arfandi (18), warga yang tewas usai d...
News17 Mei 2022 22:18
Mahasiswa Bima Gelar Aksi Solidaritas di Makassar
MAKASSAR – Puluhan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Bima dan Dompu (AMBD) Sulawesi Selatan menggelar aksi unjuk rasa di Flyover ...
Peristiwa17 Mei 2022 17:22
Empat Rumah di Jalan Sunu Makassar Terbakar
MAKASSAR – Sebanyak empat rumah di Jalan Sunu Lorong 1A, Kecamatan Tallo, Kota Makassar terbakar, Selasa (17/5/2022). Tidak ada korban jiwa dala...