Logo Lintasterkini

Ini Durasi Memanaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan Ala Asmo Sulsel

Fakra
Fakra

Rabu, 31 Januari 2024 15:10

Ini Durasi Memanaskan Mesin Motor Sebelum Digunakan Ala Asmo Sulsel

MAKASSAR – Memanaskan mesin kendaraan sepeda motor sebelum dikendarai untuk aktivitas sehari-hari perlu dilakukan.

Hal itu agar beberapa bagian mesin sepeda motor mendapatkan pelumas sebelum mengaspal dengan jarak yang jauh maupun lama.

Technical Service Manager Astra Motor Sulawesi Selatan, Nindyatama, mengatakan, durasi memanaskan sepeda motor yang menggunakan sistem karburator berbeda dengan sepeda motor Fuel Injection atau FI.

“Untuk motor yang masih menggunakan karburator, maksimal memanaskan motor sekitar tiga menit. Sedangkan motor injeksi atau FI cukup 30 detik sampai satu menit,” ucap Nindyatama.

Menurut Nindyatama, perbedaan itu karena sistem stasioner pada sepeda motor injeksi bakal berjalan otomatis manakala kendaraan menyala. Hal itu membuat oli dapat bersirkulasi dengan baik.

Adapun tujuan dari memanaskan sepeda motor untuk menghangatkan oli yang dingin. Jika tidak dihangatkan, oli yang dalam kondisi dingin tidak langsung bersirkulasi dalam mesin.

“Karena itu, memanaskan sepeda motor cukup penting. Karena jika oli belum bersirkulasi dengan baik di mesin, akan ada pergesekan setiap komponen yang bisa membuat masalah pada mesin,” ucapnya.

Kemudian, Nindyatama mengingatkan kepada pengendara untuk tidak memanaskan sepeda motor lama-lama karena akan membuat bahan bakar berkurang sia-sia.

“Ketika motor menyala, maka otomatis pembakaran bahan bakar akan terjadi. Maka, memanaskan motor lama-lama akan memboros bahan bakar,” ucapnya.

Selain itu, Nindyatama juga menyarankan kepada pengendara untuk memanaskan sepeda motor di tempat terbuka. Itu bertujuan agar gas buangan sepeda motor yang mengandung CO dan CO2 tidak mengumpul di dalam ruangan.(***)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis21 Februari 2024 22:00
Indosat Ooredoo Hutchison-Lintasarta Jalin Kerjasama Strategis Terkait Implementasi Digitalisasi Faskes
LAMPUNG –  PT Indosat Tbk (Indosat Ooredoo Hutchison, Indosat, atau IOH) melalui Authorized Channel Partner (ACP) Indosat Business yaitu PT Dis...
News21 Februari 2024 21:35
Pangdam XIV/Hasanuddin Sambut Kedatangan RI 1 di Lanud Sultan Hasanuddin
MAROS – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun selaku Panglima Komando Satgas Gabungan Terpadu (Pangkogasgabpad) Pam VVIP menyambu...
Nasional21 Februari 2024 21:07
Jokowi Resmi Lantik AHY Jadi Menteri ATR/BPN
JAKARTA Presiden Joko Widodo melantik secara resmi Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Ba...
Kuliner21 Februari 2024 20:32
Nikmati Menu Serba Rp15 Ribu di Lokarasa Eats & Drink Pengayoman 
MAKASSAR — Lokarasa Eats & Drink menawarkan enam ragam menu spesial dengan harga Rp15 ribu. Program harga terjangkau ini berlaku hingga akhir F...