Logo Lintasterkini

Serapan Anggaran Masih Rendah, Wali Kota Makassar: Saya Menjunjung Tinggi Transparansi

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Senin, 31 Mei 2021 13:19

Moh Ramdhan Pomanto.
Moh Ramdhan Pomanto.

MAKASSAR — Serapan anggaran Pemkot Makassar hingga akhir Mei 2021 masih rendah. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengakui hal tersebut.

Danny—sapaan Moh Ramdhan Pomanto mengatakan kondisi penyerapan anggaran yang rendah biasa terjadi karena masih dalam momen transisi pemerintahan.

Selain itu, sikap instansi yang bersangkutan. Masih ada beberapa OPD yang belum maksimal dalam membelanjakan anggarannya.

“Khusus untuk belanja, semua untuk Makassar Recover segera dibelanjakan. Ini sudah ada payung hukumnya,” ujarnya.

Danny menekankan kepada semua perangkat daerah untuk melakukan percepatan. Sebab, hal ini juga bisa menjadi salah satu bahan evaluasi.

“Ini Dinkes saya lihat rendah juga, saya menjunjung tinggi transparansi, belanjakan cepat itu,” sebutnya.

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar mencatat rendahnya serapan anggaran tersebut terjadi di 30 organisasi perangkat daerah (OPD). Masih di bawah 6 persen.

Berdasarkan data yang dihimpun, total serapan anggaran baru sekitar Rp303 milyar lebih atau 6,49 persen dari total APBD sebesar Rp4,677 triliun. Sedangkan untuk fisik 8,47 persen.

Realisasi serapan anggaran tertinggi yaitu Satpol PP dengan realisasi keuangan 18,07 persen dan fisik 18,07 persen.

Sementara secara umum ada 30 pengguna anggaran dengan daya serap terendah. Yang paling rendah Dinas Pertanahan dengan serapan baru 0,13 persen dan fisik satu persen.

Disisi lain ada 4 instansi yang belum melaporkan, diantaranya bagian administrasi pembangunan, bagian ortala, bagian protokol dan bagian kesejahteraan rakyat.(*)

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa14 Juni 2021 20:09
Demo di Bulukumba Ricuh, Demonstran Kesal Bupati Arogan Tendang Ban
BULUKUMBA — Aksi demonstrasi di depan kantor Bupati Bulukumba ricuh, Senin (14/6/2021). Demonstran dan aparat keamanan saling dorong. Kericuhan ters...
News14 Juni 2021 18:54
Makassar Bakal Punya Pelabuhan Baru, Peruntukan Antarpulau hingga Antarprovinsi
MAKASSAR — Kota Makassar bakal punya pelabuhan penyeberangan yang lebih layak. Bisa diperuntukkan sebagai pelabuhan antarpulau hingga antarprovinsi....
News14 Juni 2021 17:31
Hari Donor Darah Sedunia, PMI Makassar Sudah Kumpulkan 650 Kantong
MAKASSAR — Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Makassar, Khudri Arsyad mengungkapkan sejauh ini sudah mengumpulkan 650 kantong darah dalam perin...
News14 Juni 2021 17:06
DPRD Tolitoli Bertandang ke Makassar, Bahas Pengawasan di DPRD Makassar
MAKASSAR – Sejumlah Anggota DPRD Tolitoli, Sulawesi Tengah melakukan kunjungan ke DPRD Makassar, Senin (14/2/2021). Rombongan legislator yang di...