Logo Lintasterkini

Ubah Perilaku Masyarakat, Polda Sulsel Dirikan 2.615 Balla Ewako

Budi S
Budi S

Kamis, 31 Desember 2020 03:08

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam. (Istimewa)
Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam. (Istimewa)

MAKASSAR – Berbagai upaya terus dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19. Pemerintah, stakeholder dan NGO ikut turut serta membuat virus corona dikendalikan. Kampanye 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pun dimasihkan demi membantu masyarakat terbesas dari pandemi yang masih terjadi.

Nah, jajaran kepolisian pun tidak tinggal diam dalam menekan penyebaran ini. Salah satunya Polda Sulsel di 3.048 desa/kelurahan di Sulsel, telah mendirikan 2.615 Balla Ewako. Ini merupakan program unggulan Polda Sulsel dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Balla Ewako sendiri itu merupakan kegiatan pembuatan Kampung Tangguh dengan melihat kearifan lokal masing-masing daerah. Hal itu disampaikan Kapolda Sulsel, Irjen Pol Merdisyam dalam keterangan resminya, Rabu (30/12/2020). Merilis catatan akhir tahun 2020.

“Program Balla Ewako ini mengedepankan sinergitas tiga pilar. Yakni melibatkan Bhabinkamtibmas, Babinsa dan Lurah/Kepala Desa) sebagai basis utama pencegahan Covid-19,” jelas perwira tinggi polisi berpangkat dua bintang itu.

Irjen Pol Merdisyam juga mengatakan, Balla Ewako juga berperan mendata dan mendistribusikan bantuan pemerintah. Yang terpenting kata dia lagi, Balla Ewako merupakan upaya pengembangan komunitas (community development). Dibentuk untuk memberi edukasi kepada masyarakat agar tetap disiplin dan mengubah perilaku dari yang tidak mematuhi protokol kesehatan, menjadi patuh.

“Masyarakat juga dilatih untuk tertib dan hidup sehat, seraya membangun kemandirian ekonomi warga masyarakat,” terangnya.

Selain mendirikan Balla Ewako, Polda Sulsel juga telah melaksanakan operasi Yustisi dan Aman Nusa II. (*)

Penulis : Herwin Bahar

 Komentar

 Terbaru

Dalam 10 Hari Sudah 132 Ribu Nakes Divaksinasi Covid-19
Bersama Melawan Covid-1924 Januari 2021 04:10
Dalam 10 Hari Sudah 132 Ribu Nakes Divaksinasi Covid-19
''Jumlah tenaga kesehatan yang telah divaksinasi di 13.525 fasilitas layanan kesehatan yang ada di 92 kabupaten/kota di 34 provinsi sudah mencapai leb...
Sepekan Pasca Gempa Sulbar, Kondisi Pengungsi Masih Memprihatinkan ⁣
News24 Januari 2021 03:49
Sepekan Pasca Gempa Sulbar, Kondisi Pengungsi Masih Memprihatinkan ⁣
MAMUJU — Hari mulai gelap saat tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengirimkan logistik pangan untuk pengungsi yang jarang tersentuh bantuan kemanusiaa...
Tenaga Ahl BNPB Ungkap Doni Monardo belum Divaksin Covid-19
Bersama Melawan Covid-1924 Januari 2021 03:17
Tenaga Ahl BNPB Ungkap Doni Monardo belum Divaksin Covid-19
“Ini untuk meluruskan informasi bahwa Pak Doni sudah menjalani vaksinasi pada 13 Januari 2021. Padahal beliau akan divaksinasi pada pekan depan bers...
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Tertular Virus Corona Saat Makan Bersama
Bersama Melawan Covid-1924 Januari 2021 02:52
Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Tertular Virus Corona Saat Makan Bersama
“Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita untuk mencegah te...