Logo Lintasterkini

Ini Progres Posko Covid-19 Menurut Satgas

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 01 Maret 2021 00:26

Posko Covid-19.
Posko Covid-19.

JAKARTA — Satgas Penanganan Covid-19 terus memantau perkembangan Pos Komando (Posko) Covid-19 yang melakukan penanganan Covid-19 di tingkatan terkecil. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebut per 25 Februari 2021, satgas sudah menerima laporan pembentukan posko mencapai 20.816.

Laporan lain yang diterima, yakni sebanyak 61.069 laporan pencatatan data agregat kasus Covid-19 level RT dan 1.013.863 laporan pendataan kinerja posko. Dikatakan Wiku, Satgas Covid-19 telah membuat surat edaran serta standar operasional prosedur (SOP) pembentukan posko dengan tujuan sebagai pedoman teknis implementasi posko di lapangan.

“Kedepannya, dengan dibuatkan dua pagu ini, diharapkan dapat menjawab kebingunan di lapangan dan menjadikan implementasi yang lebih terarah,” jelas Wiku memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Jakarta, Kamis (25/2/2021).

Saat ini telah tersedia manual book serta video instruksi untuk mengarahkan petugas posko dalam menggunakan fitur pelaporan posko daerah di mobile apps (aplikasi). Aplikasi ini bisa dioperasikan di handphone android.

“Melihat hasil evaluasi kinerja posko periode 11 – 22 Februari 2021, bahwa aktivitas paling banyak dilakukan saat ini adalah edukasi dan sosialisasi 3M yaitu memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan, yang berjumlah 434.382 laporan atau 56,7 persen,” ucap Wiku.

Ia melanjutkan, lalu diikuti program pembagian masker dengan 143.688 laporan atau 18,73 persen, dan penegakan disiplin dengan 73.888 atau 9,61 persen. Perkembangan selanjutnya, Satgas Covid-19 telah melakukan pelatihan kepada personil TNI/Polri dan peserta pelatihan tersebut wajib mengajarkan kepada personil posko lainnya diluar unsur TNI/Polri.

Satgas juga memberikan bekal pelatihan 3T (testing, tracing dan treatment) sedang dilakukan secara berjenjang. Lanjut Wiku, posko sebagai representasi kolaborasi pentahelix di tingkat komunitas, diharapkan benar-benar menjalankan tugasnya, melakukan proses perencanaan, implementasi dan monitoring untuk dapat mengendalikan kasus Covid-19 dengan efektif.

“Kedepannya, program yang dibentuk dari masyarakat dan untuk masyarakat ini diharapkan dapat berjalan dengan baik. Karena misi ini akan sulit tercapai tanpa peran serta masyarakat,” tandasnya.

Ia berharap, masyarakat bisa membantu mensukseskan pelaksanaan posko dengan menerapkan protokol kesehatan secara kolektif, memanfaatkan fasilitas yang disediakan secara bertanggungjawab. Selain itu dapat transparan melaporkan kasus, baik dalam keluarga inti maupun di lingkungan sekitarnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Hukum & Kriminal20 April 2021 21:22
Kadishub Barru Dipolisikan Stafnya, Dugaan Pencabulan
Kapolres Barru, AKBP Gregorius Liliek Tribhawoni Iryanto membenarkan perihal laporan itu....
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Pemerintahan20 April 2021 20:44
Sinyal Pergantian Seluruh Direksi Perusda di Makassar Menguat
Konstribusi perusda masih rendah terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sehingga perlu penyegaran. Diawali dengan tahap evaluasi kinerja seluruh direk...
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
News20 April 2021 20:12
Mensos Santuni Korban Bom Gereja Katedral Makassar
Dalam keterangannya, Risma menyebut, jika kondisi tiga korban mulai membaik. Hanya saja masih membutuhkan perawatan lanjutan....
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
News20 April 2021 19:41
6 Imigran di Makassar Diamankan Provokasi Larangan Berkendara
Peran keenam Imigran tersebut sebagai provokator. Berupaya menghalang-halangi petugas saat hendak mengamankan motor di Wisma KPI....