Logo Lintasterkini

Atasi Permasalahan Logistik, Paxel Kini Hadir di Makassar

Muh Syukri
Muh Syukri

Rabu, 01 April 2020 16:39

Paxel Kini Hadir di Makassar
Paxel Kini Hadir di Makassar

JAKARTA – Startup logistik berbasis teknologi pertama asal Indonesia yang mampu menghadirkan layanan sameday delivery antarkota antarprovinsi dengan ongkos kirim flat, resmi diluncurkan hari ini di Makassar. Paxel memperluas jangkauan hingga ke Makassar untuk menjawab kebutuhan konsumen dan menjadi solusi atas permasalahan seputar pengiriman barang yang kerap terjadi.

Kehadiran Paxel di Makassar sekaligus menandai ekspansi pertama Paxel di pulau Sulawesi serta Indonesia bagian Timur. Sebelumnya, Paxel sudah melayani 700.000 pengguna yang tersebar di area Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Bali, dan kini Makassar.

“Paxel mengubah cara kerja logistik di Indonesia dengan menerapkan sistem pengiriman estafet memanfaatkan big data, algoritma kecerdasan buatan (AI), dan loker pintar (smart locker) yang berfungsi sebagai pusat untuk menyortir barang berdasarkan kota tujuan”, ujar Zaldy Ilham Masita – COO dari Paxel.

Teknologi loker pintar yang sudah tersebar pada 90 titik dilengkapi dengan akses QR code bagi mitra kurir atau yang dikenal dengan sebutan happines hero. Teknologi inilah yang bisa membuat ongkos kirim menjadi lebih efisien dibandingkan logistik konvensional.

Teknologi Paxel memungkinkan tarif pengiriman dalam kota untuk paket dengan berat maksimal 5 kg dipatok flat senilai Rp 10.000. Paxel juga memberikan garansi uang kembali jika kurir terlambat saat melakukan pick-up barang dan asuransi jika terjadi kehilangan atau kerusakan paket hingga Rp 10 juta. Selain itu, konsumen juga bisa melacak perjalanan paket yang dikirim menggunakan Paxel secara real-time lewat aplikasi Paxel.

Cara kerja Paxel membuat startup logistik ini menjadi pilihan bagi banyak UKM untuk mengembangkan bisnis, termasuk UKM kuliner di Jakarta, Yogyakarta – Solo – Semarang, Surabaya hingga Bali. Dengan menyediakan freezer, chiller dan cooler box, Paxel memastikan kualitas dari setiap produk yang dikirim UKM khususnya di bidang kuliner terjaga dalam keadaan baik sampai di tujuan.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bryant Christanto selaku CEO Paxel, mengatakan Paxel sudah terbukti membantu banyak UKM di Indonesia. Dengan menjadi mitra Paxel, para UKM bisa meraih perputaran uang yang lebih cepat, sehingga profit mereka pun lebih baik karena tidak perlu membuka cabang tapi produknya tetap bisa dikirim dan dinikmati hingga ke luar kota. Setelah sukses di pulau Jawa dan Bali, Paxel kini hadir untuk membuka peluang yang sama bagi UKM di Makassar.

Hasil riset Paxel Buy & Send Insights, survei yang diadakan oleh Paxel bersama dengan lembaga riset Provetic yang dilakukan pada 535 UKM penjual online di Indonesia, menunjukan bahwa hal yang paling dipertimbangkan dalam memilih penyedia jasa logistik adalah kecepatan pengiriman. Dengan fitur shop.paxel.co, Paxel memudahkan UKM Indonesia untuk menjual online dan membantu konsumen untuk menemukan produk yang dicari.

Saat ini Paxel juga memberikan potongan harga pengiriman sebesar 50% dengan kode promo MKS50 untuk pengiriman dalam kota Makassar, Jabodetabek-Makassar dan sebaliknya. Aplikasi Paxel dapat diunduh via Play Store atau App Store.

Paxel Ikut Lawan Corona

Terkait situasi penyebaran virus Corona yang mengakibatkan penyakit Covid-19, Paxel berinisiatif untuk membantu para tenaga kesehatan di Indonesia. Bryant Christanto menerangkan, “Sesuai dengan misi utama Paxel yaitu #antarkankebaikan bagi banyak orang, Paxel turut berpartisipasi dalam penanganan penyebaran Covid-19 dengan memberikan donasi Rp 100 dari setiap pengiriman. Pada setiap sepuluh pembelian di shop.paxel.co, Paxel akan mendonasikan satu box masker N95 kepada rumah sakit dan fasilitas kesehatan yang menangani kasus Corona. Paxel juga saat ini bekerjasama dengan Paskomnas, Carisayur.com, GoldenMom.id, dan BBC Seafood untuk membagikan 10,000 porsi makanan bagi orang-orang yang membutuhkan.”

Teknologi model logistik pintar dengan pemanfaatan Internet of Things yang diterapkan oleh Paxel turut menjadi salah satu cara pencegahan penyebaran virus Corona. Sistem pengiriman barang estafet dari kurir ke smart locker dapat membantu mengurangi kontak fisik antara kurir ke konsumen. Selain itu juga, kurir Paxel dilengkapi dengan masker dan sarung tangan. Setiap smart locker Paxel juga dilengkapi dengan disinfectant.

Tentang Paxel

Paxel (PT Paxel Algorita Unggul) adalah startup logistik berbasis teknologi pertama asal Indonesia yang mampu menghadirkan layanan sameday delivery antarkota antarprovinsi dengan ongkos kirim flat. Sampai dengan Maret 2020, pengguna aplikasi Paxel sudah melebihi 700.000 pengguna dengan jumlah paket sameday delivery yang berhasil dikirimkan sekitar 1,5 juta paket. Paxel sudah menjangkau area Jabodetabek, Bandung, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Denpasar dan Makassar. Proses pengiriman barang Paxel dari hulu ke hilir menggabungkan antara sistem estafet, algoritma, teknologi dan manusia. Menggunakan sistem loker, aplikasi dan website, Paxel diperkuat oleh ribuan happiness hero (kurir) yang siap melayani pelanggan di kota besar Jawa, Bali & Makassar. (*/rls)

Penulis : Herwin Bahar

 Komentar

 Terbaru

Sanksi Menanti ASN di Makassar Jika Berani Mudik Lebaran
News23 April 2021 18:54
Sanksi Menanti ASN di Makassar Jika Berani Mudik Lebaran
Danny Pomanto menegaskan larangan mudik lebaran bagi Aparatur Sipil Negara (ASN)....
Tender Pembangunan Kantor Lurah Pandang Dibatalkan
News23 April 2021 18:32
Tender Pembangunan Kantor Lurah Pandang Dibatalkan
Pada perencanaannya, kantor Lurah Pandang akan dibangun dua lantai. Dengan anggaran kurang lebih Rp1,8 miliar....
SK Tak Diteken Rudy, 2.000 Guru Kontrak di Makassar Terancam Tak Gajian
News23 April 2021 17:58
SK Tak Diteken Rudy, 2.000 Guru Kontrak di Makassar Terancam Tak Gajian
SK itu lanjutnya, bisa saja ditandatangani Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto. Akan tetapi punya konsekuensi....
Mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi Unhas Bahas Kartini Lewat Webinar
Dunia Kampus23 April 2021 17:16
Mahasiswa S3 Ilmu Ekonomi Unhas Bahas Kartini Lewat Webinar
MAKASSAR — Program Doktor Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Webinar Doctoral Economic Student ...