Logo Lintasterkini

Cegah Klaster Baru Covid-19, PD Pasar Masifkan Penerapan Prokes

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Rabu, 02 Juni 2021 16:32

Cegah Klaster Baru Covid-19, PD Pasar Masifkan Penerapan Prokes

MAKASSAR — Pasar tradisional maupun pasar modern, kini menjadi pusat perhatian pemerintah di masa pandemi Covid-19. Lantaran aktivitas masyarakat yang melakukan transaksi jual beli yang ramai.

Kegiatan ini seakan tak bisa lagi dibendung karena alasan ekonomi. Dengan harapan perekonomian di daerah kembali meningkat disaat krisis akibat penyebaran virus corona Covid-19.

Kendati demikian, tentu harus tetap menyesuaikan diri dengan menerapkan protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Hal ini telah diatur sesuai surat edaran Wali Kota Makassar yang telah ditujukan kepada jajaran PD Pasar Makassar dalam hal ini berlaku kepada pengelola, pedagang, pegawai staf, dan juga pengunjung yang datang ke pasar tradisional.

Untuk itu, Direksi PD Pasar Makassar senantiasa mengingatkan bagi pengelola dan jajaran staf unit pasar wajib menyediakan tempat cuci tangan (tandon) atau wastafel beserta dengan sabun di depan pintu masuk maupun pintu keluar pasar. Atau tempat yang bisa dijangkau dengan mudah oleh masyarakat.

“Kita tetap rutin mengingatkan kepada pedagang dan juga jajaran staf di Pasar. Untuk tetap menerapkan protokol kesehatan yakni dengan sosialisasi setiap hari agar mereka wajib memakai masker, memantau tandom tempat cuci tangan dan jangan terlalu berkerumun,” ujar Direktur Umum PD Pasar Makassar Raya, Nuryanto G Liwang.

Selain itu menurut Anto Liwang, pedagang juga harus menjaga kebersihan masing-masing kios atau lapak mereka. Dan menghimbau kepada pengunjung jika kondisi kurang fit dan kurang sehat, dianjurkan untuk tidak masuk ke falam pasar.

Sementara, Direktur Utama PD Pasar Makassar, Basdir menjelaskan bahwa pihaknya saat ini terus bergerak melakukan himbauan penerapan protokol kesehatan.

Ia menyebutkan kepala-kepala pasar telah ditekankan untuk meningkatkan kedisiplinan agar masyarakat sadar dan peduli terhadap bahaya virus corona Covid-19. Hal itu dilakukan agar pasar tradisional tidak menjadi klaster baru dalam penyebaran virus corona Covid-19.

“Peran kepala-kepala pasar dalam penertiban kedisiplinan di pasar sangatlah penting. Untuk itu kami tekankan kepada kepala-kepala Pasar agar memperhatikan itu. Terutama Menyiapkan Tandon air di pintu masuk dan keluar serta penggunaan masker bagi pedagang maupun pengunjung. sebagaimana surat edaran Wali Kota Makassar.” pungkasnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

News16 Oktober 2021 23:55
Kasus Covid-19 Sudah Menurun, Kini Masuk ke Sulsel Cukup dengan Tes Usap
MAKASSAR– Memasuki wilayah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) kini tidak perlu lagi menunjukkan hasil tes swab PCR. Cukup dengan menunjukkan has...
Hukum & Kriminal16 Oktober 2021 23:50
Parah! Calon Kepala Desa Petahana di Jeneponto Diduga Pakai Ijazah Palsu
JENEPONTO– Seorang pria berinisial RT yang mencalonkan diri sebagai Calon Kepala Desa Pappalluang, Kabupaten Jeneponto diduga memakai ijazah pal...
News16 Oktober 2021 23:22
Pengunjung Warkop di Parepare Jatuh dari Kursi Lalu Meninggal Dunia usai Minum Es Kopi
PAREPARE– Pengunjung Warung Kopi (Warkop) yang terletak di Jalan Andi Mappatola, Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare dikejut...
News16 Oktober 2021 23:03
Puting Beliung Terjang Pinrang, 17 Rumah Rusak dan 1 Kubah Masjid Terbang
PINRANG – Warga Desa Leppangang sore tadi, dibuat panik akibat bencana anging puting beliung, tepatnya di Kecamatan Patampanua, Kabupaten Pinran...