Logo Lintasterkini

Polri Temukan Rp 8 M di Beberapa Rekening ACT

Muh Syukri
Muh Syukri

Selasa, 02 Agustus 2022 20:43

Ist. ACT
Ist. ACT

JAKARTA – Kabar terbaru, penyidik Polisi Republik Indonesia (Polri) menemukan total dana sebesar Rp8 miliar di beberapa rekening yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

“Data terbaru, penyidik berhasil mengamankan blokir sejumlah dana yang tersisa sebesar Rp3 miliar di beberapa rekening yayasan ACT, selain itu ditemukan dana sebesar Rp5 miliar yang juga akan dilakukan pemblokiran,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah dalam konferensi pers di Mabes Polri, Selasa (2/8/2022) dikutip dari kompas tv.

Selain itu, juru bicara Polri itu mengatakan bahwa penyidik tengah melakukan aset tracing harta kekayaan, baik yayasan maupun para tersangka dan pihak yang terafiliasi.

Penyidik, kata Nurul, menelusuri 843 rekening berdasarkan informasi dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) atas kasus penyelewengan dana ACT.

“Penelusuran 843 rekening dari informasi PPATK terkait rerkening empat tersangka, A, IKA, HH, dan NIA, yayasan ACT dan afiliasinya dan pihak lainnya,” jelas Nurul.

Ia menjelaskan, rekening-rekening tersebut telah diblokir oleh penyidik sesuai kewenangan yang diatur dalam Undang-undang (UU) tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan (PPPU).

Selanjutnya, berdasarkan hasil rapat koordinasi di Kementerian Sosial (Kemensos), Nurul menjelaskan, penyidik akan melakukan klarifikasi dan penelusuran terhadap 777 rekening yayasan ACT.

“Untuk mengetahui rekening mana yang terdaftar dan tidak terdaftar di Kemensos sebagai rekening resmi yayasan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, penyidik Polri juga telah bekerja sama dengan akuntan publik untuk melakukan audit keuangan yayasan ACT.

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa16 Juni 2024 20:38
BREAKING NEWS – Malam Takbiran, Rumah Warga di Jalan Muhajirin Terbakar
MAKASSAR  – Kebakaran menimpa rumah warga di Jalan Muhajirin 1 lorong 1, Kelurahan Mangasa Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Minggu (16/6/2024...
News16 Juni 2024 12:08
Polres Sidrap Intensifkan Penindakan Pengendara Mobil di Jalan Raya
SIDRAP, – Setelah melakukan penertiban terhadap pengendara sepeda motor, Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Sidrap kini mengalihkan fokus me...
News16 Juni 2024 03:49
Astra Motor Sulsel Intens Tumbuhkan Generasi #Cari_Aman Kepada Pelajar
MAKASSAR – Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, intens...
Ekonomi & Bisnis15 Juni 2024 23:05
Pembukaan Kalla Toyota Expo, Pengunjung Membeludak Ingin Melihat Rangga
MAKASSAR – Toyota Expo by Kalla Toyota resmi dibuka. Pameran otomotif kali ini hadir dengan tema Rangga, Ekspresikan Dirimu. Event kali ini akan...