Logo Lintasterkini

Wahab Tahir Ajak Perusahaan Ambil Peran Memutus Penyebaran Covid-19

Muh Syukri
Muh Syukri

Kamis, 02 September 2021 09:03

Anggota DPRD Kota Makassar, Abd Wahab Tahir
Anggota DPRD Kota Makassar, Abd Wahab Tahir

MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Abd Wahab Tahir kembali menemui konstituen dari daerah pemilihan (dapil) 2 meliputi Kecamatan Sangkarrang, Wajo, Bontoala, Ujung Tanah dan Tallo.

Kali ini, agenda Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) nomor 2 tahun 2016 tentang Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan (TSLP) di Hotel Pessona, Rabu (1/9).

Pada kesempatan itu, Abd Wahab Tahir mengajak perusahaan mengambil peran dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19. Upaya itu melalui TSLP, yakni dana CSR di setiap perusahaan.

“Selama ini perusahaan banyakmi untungnya meski kita tahu juga mereka terdampak. Tapi, mereka harus mengeluarkan CSR sebagai wujud tanggungjawab sosial ke masyarakat,” jelas Abd Wahab Tahir.

Bahkan, Ketua Komisi D DPRD Kota Makassar ini menyebut kepekaan sosial dari perusahaan inti dari CSR. Sudah seharusnya dana tersebut disalurkan untuk masyarakat misalnya saja dalam bentuk bantuan sosial lantaran era pandemi.

“Memang mereka terdampak tapi jauh sebelumnya mereka telah beraktivitas dan meraup keuntungan. Nah, sebagian dari itu bisa diberikan,” paparnya.

Terpisah, Narasumber Kegiatan, Rusmayani Madjid menyampaikan, urusan sosial dan ekonomi bukan hanya tanggung jawab pemerintah sebab memiliki keterbatasan anggaran.

Sehingga, untuk mendukung hal tersebut dibutuhkan CSR dari setiap perusahaan. Itu, akan menjadi salah satu kontribusi perusahaan ke pemerintah.

“Makanya kita bentuk forum CSR. Diharapkan, tidak mengambil profit perusahaan tapi juga menyalurkan keuntungan ke masyarakat,” jelas Maya—sapaan akrabnya.

Olehnya itu, kata Plt Kadis Sosial Kota Makassar ini, mengajak masyarakat melaporkan atau mengusulkan kebutuhan terkait kepentingan orang banyak. Usulan tersebut, melalui pemerintah bisa disampaikan ke perusahaan.

“Bisa disampaikan ke pemerintah melalui dewan TSLP. Ini yang akan kita sampaikan kebutuhan agar dibantu dengan CSR yang ada di perusahaan,” tukasnya. (*)

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa23 September 2021 12:35
Polres Bantaeng Periksa Remaja Perempuan yang Video Perkelahiannya Viral di Medsos
Video viral menampilkan perkelahian dua remaja perempuan yang beredar di media sosial (medsos) kini telah ditangani aparat Polres Bantaeng. Saat ini, ...
Peristiwa23 September 2021 12:09
Viral, Video Perkelahian Dua Remaja Perempuan Diduga Terjadi di Bantaeng
Video itu berdurasi 1 menit 32 detik dan memperlihatkan seorang remaja perempuan memakai kerudung hitam dikeroyok dua remaja perempuan lainnya. Dia di...
Bersama Melawan Covid-1923 September 2021 11:41
Makassar Kini Zona Kuning Penyebaran Covid-19
Setelah sebelumnya msuk zona merah Covid-19, kini Kota Makassar berada dalam lingkaran zona kuning penyebaran virus Covid-19. Hal ini melalui perjalan...
News22 September 2021 21:15
HUT Lantas Ke-66, Bupati Pinrang Resmikan Kampung Tertib Lalu Lintas
PINRANG – Buoati Pinrang Irwan Hamid meresmikan Kampung Aluupang Desa Padakkkalawa Kecamatan Mattiro Bulu Kabupaten Pinrang sebagai Kampung Tertib L...