Logo Lintasterkini

1 Desember, Maha Vajiralongkorn Dilantik jadi Raja Baru Thailand

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Rabu, 02 November 2016 11:35

Raja baru Thailand Maha Vajiralongkorn dilantik 1 Desember 2016.
Raja baru Thailand Maha Vajiralongkorn dilantik 1 Desember 2016.

BANGKOK – Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn akan dikukuhkan sebagai raja baru Thailand pada tanggal 1 Desember 2016. Hal itu diungkap sumber senior di Kerajaan Thailand kepada BBC, Rabu (2/11/2016).

Pangeran Vajiralongkorn akan menggantikan mendiang ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej yang meninggal pada tanggal 13 Oktober 2016 di usia 88 tahun. Pemerintah Thailand secara resmi telah mengumumkan masa berkabung selama setahun.

Raja Bhumibol yang sudah berkuasa selama 70 tahun merupakan sosok yang sangat dihormati rakyat Thailand. Dia dianggap sebagai sosok yang menstabilkan negara, mempromosikan pembangunan ekonomi dan harmoni sosial di negara yang dilanda siklus kekacauan politik dan beberapa kudeta.

Putra Mahkota Vajiralongkorn tidak sepopuler ayahnya. Dia justru dikenal karena kontroversi yang dia buat. Termasuk menikah tiga kali dan semuanya gagal.

Perdana Menteri (PM) Thailand, Prayuth Chan-ocha, mengatakan bahwa pembatasan acara hiburan dan televisi sejak kematian Raja Bhumibol akan dicabut pada 14 November 2016.

“Dalam hal hiburan—sinetron dan film—mereka bisa menikmati lagi nanti. Kami hanya meminta kerjasama, beberapa program perlu untuk menurunkan nada mereka,” katanya.

PM Thailand juga memperingatkan orang-orang untuk tetap menjaga kesopanan sepanjang masa berkabung dan menahan diri dari mengenakan pakaian yang tidak pantas. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis13 Juli 2024 23:00
Bukit Baruga Serah Terima Kunci Rumah Jasmine Residence Sebanyak 31 Unit
MAKASSAR – Bukit Baruga sukses menggelar seremonial serah terima kunci kepada sejumlah user untuk pembelian unit hunian terbaru, yaitu Tipe Prim...
Pemerintahan13 Juli 2024 11:02
Gowa Semakin Dilirik, Investasi Capai Rp400 Miliar di Bidang Pariwisata 
GOWA – Beautiful Malino 2024 kembali digelar dengan mengangkat tema “Harmony of Malino” yang memiliki makna keseimbangan dan dibuka ...
News13 Juli 2024 10:52
PT GMTD Bagikan 100 Paket Nasi Box di Sekitaran Kawasan Tanjung Bunga
MAKASSAR – PT GMTD Tbk melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan membagikan 100 paket nasi kotak di sekitaran kawasan T...
Peristiwa13 Juli 2024 10:38
Dua Remaja Maros yang Tenggelam di Air Terjun Jami Ditemukan Meninggal
MAKASSAR – Kurang dari 24 jam setelah melaksanakan upaya pencarian terhadap dua warga Maros. Tim Sar gabungan menemukan kedua korban setelah mel...