Logo Lintasterkini

Dr Adi Suryadi Culla : Sentimentil Jika Polda Sulsel Dianggap Tidak Netral

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 03 Februari 2013 04:30

Dr Adi Suryadi Culla
Dr Adi Suryadi Culla

Dr Adi Suryadi Culla

MAKASSAR – Keberadaan Polda Sulsel dalam rangka melakukan pengamanan dalam rangkaian Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel sangat memberikan peran penting. Polda Sulsel sendiri sudah memainkan perannya dengan baik dalam kancah Pilgub Sulsel.

Hal itu diungkapkan pengamat politik dari Universitas Hasanuddin, Dr Adi Suryadi Culla. Ia mengatakan, proses Pilgub Sulsel dilalui dengan baik. Kepolisian pun sudah memainkan perannya dengan cukub baik.

“Sehingga sangat sentimentil jika menganggap Polda Sulsel tidak netral dalam menjalankan tugasnya di Pilgub Sulsel,” ujar Adi.

Ketua Kelas Forum Dosen ini pun mengaku, profesionalisme yang dilakukan Polda Sulsel, utamanya Kapolda Sulsel sudah sangat baik. Dirinya menganggap tidak ada celah yang bisa diambil kesimpulan bahwa Polda Sulsel tidak netral dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Profesionalisme dalam pandangan saya sudah dilakukan Polda Sulsel selaku aspek keamanan. Mereka pun tidak mau terjebak dalam rana politik. Bahkan dilakukan melalui pendekatan kamtibmas,” terangnya.

Salah satu contoh, kata dia, Kapolda Sulsel Irjen Pol Mudji Waluyo bersama dengan pejabatnya datang secara persuasif ke tim pemenangan pasangan calon (paslon). Kedatangannya untuk memberikan pesan untuk saling berpolitik dengan damai.

“Penanganan kasus yang berkaitan dengan pilgub ini saya rasa dilakukan dengan cukup profesional. Adapun beberapa yang masih kurang, itu karena polisi tidak mau gegabah dalam bertindak. Namun yang jelas, saya meliat posisi polisi sudah menjalankan tugasnya dengan baik,” ungkapnya lagi.

Untuk itu, katanya lagi, marilah memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada aparat kepolisian dalam menjalankan tugasnya. Masyarakat tentunya mengawal dan ikut melakukan pemantauan agar lebih transparan dan akuntabel. (er)

 Komentar

 Terbaru

Peristiwa20 Mei 2022 02:24
Lansia Tewas Setelah Dipergoki Mencuri di Areal Tambang di Bantaeng, Tiga Polisi Diperiksa
Nasib malang menimpa seorang pria lanjut usia (lansia) bernama Nuru Saali (78) di Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kabarnya, ia tewas us...
News19 Mei 2022 23:55
Pelat Palsu Marak Beredar di Sulsel, Ada Pembiaran?
Aturan pemberlakukan tersebut memang sudah ada yakni mengacu pada Peraturan Polri (Perpol) Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi (Reg...
News19 Mei 2022 22:47
Bupati Pinrang Terpilih Memberikan Testimoni Di Rakornas BAN S/M
MAKASSAR — Bupati Pinrang, Irwan Hamid bersama Bupati Gowa dan Bupati Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah diundang dan terpilih untuk memberikan t...
Hukum & Kriminal19 Mei 2022 22:43
Berdamai, Ini Syarat Yang Diajukan Pelajar Korban Penganiayaan Di Pinrang Yang Videonya Viral Di Medsos
PINRANG – Penganiayaan yang dilakukan seorang pelajar laki-laki SMA Negeri 9 Cempa Kabupaten Pinrang terhadap. seorang pelajar perempuan tyang t...