Logo Lintasterkini

Kuasa Hukum Eks Dirut PT SCI Mengadu ke DPRD Sulsel, Minta Gunakan Hak Angket

Muh Syukri
Muh Syukri

Senin, 04 Maret 2024 20:25

Kuasa hukum mantan Direktur Utama (Dirut) PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) Sulsel, Acram Mappaona Azis
Kuasa hukum mantan Direktur Utama (Dirut) PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) Sulsel, Acram Mappaona Azis

MAKASSAR – Polemik pemberhentian sejumlah Direksi PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) Sulsel dan diganti dengan pelaksana tugas (Plt) terus berlanjut. Kali ini, Kuasa hukum mantan Direktur Utama (Dirut) PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) Sulsel, Acram Mappaona Azis, mengadu ke DPRD Sulsel, Senin (4/3/2024) siang.

Melalui surat yang dimasukkan, ia meminta untuk segera menggunakan hak angket terkait pemberhentian sejumlah direksi Perseroda Sulsel yang dinilai cacat prosedur.

“Kita minta DPRD Sulsel segera menggunakan hak interpelasi atau hak angket terkait dengan perbuatan-perbuatan hukum dari PJ Gubernur Sulsel yang mengintervensi pergantian komisaris dan direksi Perseroda,” ujar kuasa hukum eks Direktur Utama PT SCI, Acram, di sekretariat DPRD Sulsel.

Diungkapkan Acram, pemberhentian tersebut melanggar Peraturan Pemerintah (PP) 54 Tahun 2017, melanggar Permendagri nomor 37 Tahun 2018, dan bertentangan dengan anggaran dasar Perseroda.

“Karena itu sudah jelas melanggar PP 54 Tahun 2017, dan Permendagri nomor 37 Tahun 2018 selain itu juga bertentangan dengan anggaran dasar Perseroda, Jadi ini sudah produk cacat hukum, berpotensi menimbulkan kerugian negara,” kata Acram.

Arcam juga meminta anggota DPRD Sulsel segera memanggil PJ Gubernur dan merekomendasikan pemberhentian sementara hingga persoalan pemberhentian direksi Perseroda ada kejelasan.

“Jadi sebaiknya anggota DPRD Sulsel segera menggunakan hak angket atau interplasi memanggil PJ Gubernur dan merekomendasikan pemberhentian sementara beliau sampai dengan clear-nya permasalahan ini, karena ini potensi kerugian negaranya cukup besar,” ucap Arcam.

“Lebih detailnya nanti ada di surat bisa kita cek di komisi karena saya tujukan ke komisi, pimpinan, dan semua fraksi yang ada, mudah-mudahan segera digunakan hak angket-nya , langsung sekretariat resmi kita minta tanda terimanya katanya hari ini langsung di distribusi ke masing-masing fraksi, kalau hak angket itu kan fraksi yang mengusulkan nanti kita liat perkembangannya,” tutup Acram.

Untuk diketahui, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin mencopot tiga pejabat direksi PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) atau Perseroda Sulsel. Ironisnya, mereka yang dicopot tak tahu alasannya.

Ketiganya adalah Direktur Utama (Dirut) Rendra Darwis, Direktur Umum dan Keuangan Ernida Mahmud, dan Direktur Pengembangan Usaha Dedy Irfan Bachri.

Eks Direktur Utama PT Sulsel Citra Indonesia (SCI) atau Perseroda Sulsel Rendra Darwis mengaku heran dengan pencopotannya. Pasalnya, Rendra mengaku duduk sebagai direktur melalui seleksi terbuka. Seleksi terbuka tersebut diakui Rendra Darwis untuk jabatan Direksi PT SCI masa kerja 2023-2028.

Sebelumnya, Asisten II Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Kesejahteraan Pemerintah Provinsi Sulsel Ichsan Mustari menyatakan pergantian tersebut berdasarkan keputusan Komisaris.

“Memang betul ada pergantian. Karena memang hasil dari evaluasi yang dilakukan oleh Komisaris PT SCI,”jelas Ichsan Mustari, Rabu (28/2/2024).

“Itulah dilakukan pergantian beberapa direktur, dan itu tidak semua. Ada satu masih bertahan,” lanjutnya.

Ia mengungkapkan keputusan tersebut berdasarkan penilaian-penilaian objektif Komisaris.

“Penilaian tentu oleh Komisaris, yang dituangkan dalam bentuk surat keputusan dari Pj Gubernur Sulawesi Selatan,” kata Ichsan. (*)

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan12 April 2024 16:17
Open House Idul Fitri Pemkab Gowa Tingkatkan Silaturahmi Masyarakat dan Pemerintah
GOWA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali menggelar open house dalam rangka Idul Fitri 1445 Hijriah. Dimana kegiatan ini terakhir dilaks...
Politik12 April 2024 14:43
Menguat Kabar Istrinya Dampingi ASS Di Pilkada Gubernur, Begini Klarifikasi RMS
PINRANG — kabar yang beredar dan semakin menguat akan figur Fatmawati Rusdi yang bakal mendampingi Bakal Calon (Balon) petahana Gubernur Sulsel ...
News12 April 2024 10:10
Kepala Daerah Se-Sulsel Hadiri Open House Lebaran Pj Gubernur Bahtiar
MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, berharap agar kepala daerah se-Sulsel senantiasa menjaga silaturahmi dan kekompakan demi kesu...
Peristiwa11 April 2024 22:41
Terlibat Laka Lantas, Karyawan Indomaret Di Pinrang Dikabarkan Meninggal Dunia Di TKP
PINRANG — Kecelakaan tragis yang melibatkan seorang pengendara motor terjadi di kampung Ongkoe Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang, Kamis sore...