Logo Lintasterkini

Segera Diberlakukan, SIM C Jadi Tiga Kategori

Muh Syukri
Muh Syukri

Jumat, 04 Juni 2021 18:09

Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP Muh Yusuf Usman
Kasubdit Regident Ditlantas Polda Sulsel AKBP Muh Yusuf Usman

MAKASSAR – Dalam waktu dekat akan ada tiga kategori Surat Izin Mengemudi (SIM) akan diterbitkan bagi pengendara roda dua. Tidak terkecuali akan diberlakukan di wilayah Polda Sulsel.

Kasubdit Regident Polda Sulsel AKBP Muh Yusuf Usman kepada wartawan, Jumat (4/5/2021) siang menjelaskan, tiga kategori SIM tersebut yakni, SIM C, C1, C2. Pembagian kategori SIM bagi pengendara motor roda ini berdasarkan peraturan Kepolisian No 5 tahun 2021.

Menurutnya, hingga saat ini sudah memasuki tahap sosialisasi kepada masyarakat. Yusuf mengungkapkan memang masih perlu waktu untuk pemberlakuannya.

“Untuk SIM C berlaku sampai kendaraan 250 CC, sementara SIM C1 bagi pemilik kendaraan 250 CC hingga 500 CC dan SIM C2 berlaku bagi kendaraan 500 CC keatas,” ungkapnya.

Dikatakan lebih jauh, pembagian kategori SIM ini berdasarkan kapasitas silinder atau CC kendaraan.

“Sekarang masih tahap sosialisasi dan nantikan akan diberlakukan. Diharapkan masyarakat tidak kaget dengan adanya sistem kategori SIM ini,” terangnya.

Yusuf menambahkan, pihaknya saat ini masih menantikan petunjuk teknis (Juknis) dari Korlantas Polri serta sarana prasarana pendukung untuk pengkategorian SIM tersebut. (*)

Penulis : Maulana Karim

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal16 Juni 2021 21:18
Satreskrim Polres Pinrang Tembak Jambret Lintas Kabupaten di Luwu
PINRANG– Jajaran Kepolisian Satreskrim Polres Pinrang mengamankan seorang pelaku pencurian dan kekerasan (jambret) lintas Provinsi. Diketahui, p...
Hukum & Kriminal16 Juni 2021 20:18
Sabri Cs Direhabilitasi di RS Sayang Rakyat, Polrestabes Makassar Jamin Pengawasan
MAKASSAR — Sabri cs, empat aparatur sipil negara (ASN) Pemkot Makassar sudah menjalani proses rehabilitasi. Mereka ditempatkan di RS Sayang Rakyat. ...
Hukum & Kriminal16 Juni 2021 19:42
SatReskrim Polres Pinrang Ringkus Pelaku Jambret Lintas Daerah
PINRANG — Seorang pelaku Pencurian dengan Kekerasan (Curas) modus Jambret lintas daerah berinisial AL (23) warga Kecamatan Bacukiki Kota Parepar...
News16 Juni 2021 18:49
Jadi Rujukan, DPRD Makassar Kedatangan Wakil Rakyat dari Empat Daerah
MAKASSAR – DPRD Makassar kebanjiran tamu sejak pekan lalu. Secara bergantian, anggota DPRD dari berbagai daerah berkunjung ke kantor wakil rakyat Ma...