Logo Lintasterkini

Komandan Pemburu Teroris Poso Irjen Pol Abdul Rakhman Baso Bertambah Usia 58 Tahun

Maulana Karim
Maulana Karim

Rabu, 04 Agustus 2021 17:09

Kepala Kepolsian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Abdul Rakhman Baso diberi hadiah ulang tahun oleh awak media.
Kepala Kepolsian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Abdul Rakhman Baso diberi hadiah ulang tahun oleh awak media.

POSO– Kepala Kepolsian Daerah (Kapolda) Sulawesi Tengah (Sulteng) Irjen Pol Abdul Rakhman Baso pada hari ini genap berusia 58 tahun, Rabu (4/7/2021).

Di hari spesial orang nomor satu di jajaran Polda Sulteng itu dirayakan melalui Coffe Morning bersama sejumlah awak media di Aula Polda Sulteng, Jl Soekarno-Hatta, Kelurahan Tondo, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu.

Dalam perayaan itu, Pemimpin pemburu teroris Poso dengan sandi Madago Raya ini, seketika terharu saat wartawan memberikan kejutan dengan membawa kue ulang tahun di Mapolda Sulteng.

“Terima kasih rekan-rekan media atas perhatian dan kerjasama yang telah dilakukan selama ini, terima kasih doanya,” kata Rakhman Baso.

Irjen Pol Abdul Rakhman Baso sangat berterima kasih dan mengapresiasi atas peran dan kinerja media di masa pendemi Covid-19.

Dia mengatakan, meski Covid-19 meningkat, para wartawan tetap menjalankan tugasnya, dengan menyuguhkan berita yang berimbang.

“Kinerja awak media saat ini, tidak bisa dipandang sebelah mata di era perkembangan teknologi yang begitu pesat, tetapi sudah merupakan High Class dalam memberikan informasi kepada seluruh lapisan masyarakat,” kata Rakhman Baso.

Lebih lanjut, Jenderal bintang dua itu menambahkan, dengan adanya perayaan seperti ini tentunya merupakan bagian dari mempererat kemitraan dan kerja sama dengan media, dalam mendukung tugas kepolisian untuk penyebaran informasi tentang Kamtibmas.

“Melalui kegiatan coffee morning ini tentunya kita juga dapat mepererat kemitraan dan kerja sama antara wartawan dan Polri dalam mendukung tugas Kepolisian,” terang Irjen Pol Rahkman Baso.

Sekedar diketahui, Irjen Abdul Rakhman Baso lahir di Ujung Panjang, Sulawesi Selatan, Agustus 1963.

Jenderal bintang dua itu merupakan jebolan Akademi Kepolisian tahun 1988 itu menghabiskan separuh pengabdiannya di Sulawesi Tengah dengan berkantor di Kabupaten Poso, wilayah gerilya Teroris Sulteng.

Dia memimpin Operasi Satgas Madago Raya mengejar gerombolan MIT Poso pimnan Ali Kalora cs bersama Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf.
Dengan latar belakang sebagai anggota Brigade Mobil, Irjen Abdul Rakhman Baso juga mempunyai sifat yang tegas, akan tetapi tetap humanis.

Saat menjabat Kapolrestabes Bandung sejumlah prestasi dan keberhasilan yang dicapai oleh Brigjen Pol Abdul Rakhman Baso.
Di antaranya berhasil mengamankan aksi demo kala itu di depan Gedung Sate yang menjadi pusat pemerintahan di Kota Bandung dan pengungkapan sejumlah kasus dugaan teroris,” katanya.

Irjen Abdul Rakhman Baso mengemban amanat sebagai Kapolda Sulteng sejak 3 Agustus 2020.

Jabatan terakhir jenderal bintang dua ini adalah Wakil Kepala Korps Brimob Polri.

Berikut Riwayat Jabatan:

– Kasat Brimob Polda NTT (2001)
– Kasat Brimob Polda Sultra (2002)
– Wadir Samapta Polda Lampung
– Kasat Brimob Polda Sumsel
– Dansat Brimob Sulsel 2009 – Kasat Brimob Polda Jabar (2010)
– Kapolrestabes Bandung (2012)
– Analis Kebijakan Madya bidang Brimob Korbrimob Polri (2013)
– Karoops Polda Sumbar (2014)
– Kabagops Korbrimob Polri (2015)
– Danpas Pelopor Korbrimob Polri (2017)
– Wakil Komandan Korbrimob Polri (2018)
– Kapolda Sulawesi Tengah (2020).(*)

 

 

 

 

 

 

 

 

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal18 September 2021 09:22
Tiga Tersangka Arisan Online, Korbannya 300 Orang
Kasat Reskrim Polrestabes Makassar, Kompol Jamal Fathur Rakhman, mengatakan, ketiganya sudah diamankan dan ditahan di Mapolrestabes Makassar untuk pem...
Peristiwa18 September 2021 08:57
Rumah Sekaligus Bengkel Terbakar di Paccerakkang, Kerugian Capai Rp 200 Juta
Satu unit rumah yang juga merupakan bengkel hangus terbakar di BTN Mangga Tiga, Kelurahan Paccerakkang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, Jumat (17/9/...
News17 September 2021 19:23
Ini Harapan Ketua PMI Makassar di HUT PMI Ke-76 Tahun
MAKASSAR – Memperingati hari palang merah Indonesia (PMI) ke-76, PMI Makassar mengikuti upacara bersama PMI pusat yang dilaksanakan secara virtu...
Nasional17 September 2021 16:57
Kompolnas Dorong Polri Terapkan Layanan Berbasis Online di Bidang Lalu Lintas
MAKASSAR– Demi memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan polisi Lalu Lintas secara online, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) mendorong ...