Logo Lintasterkini

Dubes Indonesia untuk Filipina Sebut Orang Sulsel Hebat

Muh Syukri
Muh Syukri

Minggu, 04 September 2016 20:30

Penyerahan secara simbolik calon jamaah haji (CJH) Indonesia di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Para CJH ini sempat diamankan di Filipina lantaran terkendala paspor palsu.
Penyerahan secara simbolik calon jamaah haji (CJH) Indonesia di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Para CJH ini sempat diamankan di Filipina lantaran terkendala paspor palsu.

MAKASSAR – Duta besar Indonesia untuk Filipina Letjen (Purn) Jhoni Lumintang, menyerahkan secara simbolik warga Sulsel yang sempat ditahan pemerintah Filipina kepada Gubernur, Sulsel, Syahrul Yasin Limpo. Ia menyebut bahwa orang Sulsel hebat karena mampu melewati cobaan yang diberikan

Duta besar mengatakan perjuangan jamaah tidak mudah. “Kami berjuang bersama, berdoa bersama, sehingga hari ini kita bisa kembali dengan selamat,” Ujar Duta Besar.

Jamaah juga sempat ditahan di ruangan yang sangat tidak layak. “Mereka di penjara 5 hari, ruangannya sempit, tidak ada ac. Namun dari situ saya percaya orang Sulsel memang hebat-hebat,” terang Dubes.

Dubes juga mengatakan bahwa jumlah warga Sulsel yang dipulangkan 110 orang. “Yang sudah tiba 94 orang warga Sulsel, dan warga Sulawesi Barat satu orang”. Saya serahkan kepada gubernur,” terang Dubes.

Selain itu Dubes juga menceritakan bagaimana jamaah melewati masa sulit selama disana. “Saat kami datang ditempat penahanan jamaah muka mereka sedih, namun sesampainya di kedutaan muka mereka sudah mulai bagus,” pungkas Dubes.

Sementara itu Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, berharap Kementerian dan instansi yang lain untuk memberikan kesempatan warganya untuk istirahat berkumpul dengan keluarganya.

Hal tersebut disampaikan Gubernur saat memberikan sambutan, dalam serah terima warga Sulsel di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Minggu (4/9/20160.

“Berikan kesempatan warga saya untuk bernafas, bertemu dan berkumpul dengan keluarganya,” ujar Syahrul.

Syahrul juga meminta pada aparat untuk memproses kalau memang ada pelanggaran. “Silahkan proses, namun prosesnya jangan terlalu berat. Mereka ini kesana untuk berjuang melaksanakan perintah agama,” ungkap Syahrul.

Dihadapan calon jamaah haji dan awak media Gubernur juga mengatakan bahwa dirinya akan pasang badan untuk membantu. “Mereka tidak salah, yang salah kita semua. Sebagai orang Sulsel saya akan membantu,” pungkas Syahrul.

Dalam kesempatan itu Gubernur juga mengucapkan terima Kasih kepada Kementerian Luar Negeri, Dubes RI untuk Filipina dan pihak-pihak yang telah membantu.

 Komentar

 Terbaru

Pemerintahan19 April 2024 13:55
Pemkot Makassar Jadi Pemerintah Kota Pertama di Indonesia Timur Terapkan KKPD
MAKASSAR – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mulai menggunakan Kartu Kredit Pemerintah Daerah (KKPD). Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah...
Ekonomi & Bisnis19 April 2024 11:50
Kallafriends Catatkan Peningkatan Transaksi Selama Ramadan Hingga Lebaran
MAKASSAR – Dengan berbagai fitur dan program menarik yang dihadirkan, Kallafriends kini semakin menjadi pilihan pelanggan setia KALLA dalam bert...
Ekonomi & Bisnis19 April 2024 11:44
Indosat Ooredoo Hutchison-Mastercard Umumkan Kemitraan Cybersecurity Center of Excellence
JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat or IOH) dan Mastercard hari ini menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk berkolaborasi dalam men...
News19 April 2024 11:23
Ditagih Janji Pemberdayaan Pak Ogah, Dirlantas Polda Sulsel Sebut Media Tidak Profesional
MAKASSAR – Kritikan terhadap makin maraknya pak ogah di Kota Makassar tak kunjung usai. Media sosial (Medsos) dan online terus menyoroti makin menja...