Logo Lintasterkini

Fatmawati Sebut Data Kemiskinan di Makassar Tidak Akurat

Andi
Andi

Rabu, 07 April 2021 16:26

Fatmawati Sebut Data Kemiskinan di Makassar Tidak Akurat

MAKASSAR — Penanggulangan kemisiskan di Kota Makassar menjadi perhatian. Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi ingin mendorong itu.

Hal tersebut diungkapkannya pada pembukaaan Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (RKPK) Kota Makassar, Rabu (7/4/2021).

Fatma menjelaskan kemiskinan sebagai permasalahan bangsa yang mendesak dan membutuhkan langkah-langkah kongkrit untuk mengentaskannya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan secara kompherensif untuk menekan angka kemiskinan. Langkah awalnya yakni memperkuat data.

“Karena kadang data bisa dimanipulasi. Yang seharusnya dapat tapi tidak tercatat karena bukan keluarganya si pendata. Jadi data ini harus real dan akurat,” ucapnya.

Selain data, Fatma juga menekankan pentingnya kordinasi semua OPD.

“Kita harus membagi tugas sesuai aturan yang sudah tertulis. Hari ini yang datang rapat sangat sedikit, bagaimana kita mau kordinasi tentang tugas kita semua. Kemiskinan di Kota Makassar ini menjadi agenda utama pada pembahasan nanti di RPJMD,” sebut Fatma.

Fatma pun menunjukkan angka kemiskinan di Kota Makassar per tahun 2020. Meskipun terendah di Sulawesi Selatan namun terjadi tren peningkatan dari tahun 2019 sebesar 4,24 persen menjadi 4,54 persen per tahun 2020.

“Kita mengalami kenaikan. Tidak signifikan tapi saya harap kita semua harus bergerak cepat,” imbaunya.

Hal senada diungkapkan Agus Salim sebagai narasumber. Ia membenarkan apa yang disampaikan Fatma.

“Kita harus bantu UMKM, dan memang benar hari ini kita bermasalah pada data base yang banyak tidak valid,” sebutnya.(*)

 Komentar

 Terbaru

News25 September 2022 20:04
Yasir Machmud: Anggaran KONI Sulsel Sesuai Peruntukannya
MAKASSAR – Sebanyak Rp 5 Milyar anggaran KONI Sulsel untuk tahun 2022 yang dipertanyakan oleh anggota DPRD Sulsel, ditanggapi oleh Yasir Machmud...
Hukum & Kriminal25 September 2022 17:12
Bekuk Pengedar Narkoba Asal Sidrap, Polisi Nyamar Jadi Pembeli
SIDRAP – Aparat kepolisian berhasil menangkap seorang pengedar narkoba asal Sidrap, Sulawesi Selatan (Sulsel), berinisial AM alias Bidin (52). P...
Wisata dan Budaya25 September 2022 16:39
Sunset Keren di Pantai Indah Bosowa yang Eksotik
MAKASSAR – Pantai Indah Bosowa selalu memberikan keindahan yang eksotik. Apalagi pada sore hari kalian bisa sunset keren di tempat ini. Suasana ...
News25 September 2022 13:29
Satpolair Polres Bontang Amankan Pria Asal Barru Serta 30 Kg Daging Penyu
BONTANG – Aparat Satpolair Polres Bontang menangkap pelaku perburuan penyu dilindungi berinisial R (50), Jumat (23/9/2022). Dari tangan pria asa...