Logo Lintasterkini

UNM Pastikan Pelaksanaan Jalur Mandiri Aman dan Objektif

Andi Nur Isman
Andi Nur Isman

Kamis, 08 Juli 2021 14:13

Rektor UNM Husain Syam menyampaikan hasil pelaksanaan Jalur Mandiri, di Menara Pinisi UNM, Kamis (8/7/2021).
Rektor UNM Husain Syam menyampaikan hasil pelaksanaan Jalur Mandiri, di Menara Pinisi UNM, Kamis (8/7/2021).

MAKASSAR — Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM) Husain Syam memastikan pelaksanaan tes Jalur Mandiri berlangsung secara objektif. Tidak ada ruang untuk menzalami orang.

Ia mengatakan, siapapun yang berkompetisi melalui jalur ini memiliki hak dan peluang yang sama. Mereka yang pantas lolos tidak akan dikaitkan dengan kepentingan sepihak.

“Karena ada yang menganggap ini sebagai stimulasi politik. Tidak. Ini kita kawal dengan penuh tanggung jawab. Kalau dia bagus dia pasti lolos,” tegas Husain Syam, pada konfrensi pers di Menara Pinisi UNM, Kamis (8/7/2021).

Husain menyampaikan, semua orang yang ingin menjadi mahasiswa UNM harus melalui proses seleksi. Dari seleksi inilah yang mengukur pantas tidaknya lolos pada Jalur Mandiri.

Untuk tahun ini, pendaftar di jalur mandiri UNM sebanyak 6.936 orang, yang mengikuti tes potensi akademik 6.775, pada jalur Hafidz dan Hafidzah 33 peserta, sedangkan pada jalur berprestasi 155 orang.

Sementara, jadwal pengumuman untuk jalur mandiri akan diumumkan pada tanggal 12 Juli mendatang.

“Biasanya ada tarik ulur soal pengumuman jalur mandiri, sekarang sudah tidak, jadi semua sudah terjadwal,” beber Husain Syam.

Kendati demikian, mantan Dekan Fakultas Teknik UNM dua periode itu berujar bahwa pendaftar camaba tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun sebelumnya.

“Ini angka yang signifikan mengalami kenaikan, di tengah pandemi Covid-19 saja UNM masih sangat diminati oleh masyarakat. Kenapa? Karena kita memberikan layanan prima dan hak yang sama kepada semua,” terangnya.

Seperti diketahui, kuota jalur mandiri di UNM sebanyak 30 persen. Hal itu sesuai dengan regulasi dan persetujuan oleh persatuan Rektor seluruh indonesia.

Adapun 10 besar program studi yang menjadi favorit dan diminati oleh calon mahasiswa yaitu, Manajemen, Psikologi, PGSD Makassar, Pendidikan Teknik Informatika, Akuntansi, Ilmu administrasi negara, Teknik komputer, Penjaskesrek, Ilmu Hukum, serta Teknik Sipil dan Bangunan.(*)

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal25 Juli 2021 20:12
Gara-gara Tersinggung, Dua Pria di Pinrang Aniaya Tiga Pemuda Pakai Celurit
PINRANG– Dua pria di Kabupaten Pinrang diamankan jajaran Resmob Satreskrim Polres Pinrang lantaran telah melakukan pengeroyokan. Kedua pria itu ...
Hukum & Kriminal25 Juli 2021 16:24
Kenalan Lewat Game Online, Pemuda Sidrap Setubuhi dan Bawa Lari Gadis di Bawah Umur
MAKASSAR– Unit Jatanras Kepolisian Resor Kota Besar Makassar berhasil mengamankan seorang pemuda yang melarikan anak di bawah umur. Pelaku adala...
News25 Juli 2021 13:27
Besok, Makassar Sudah Terapkan PPKM Level IV, Apa Saja yang Dibatasi?
Dalam rapat tersebut terungkap penerapan PPKM level IV juga akan diberlakukan di Sulawesi Selatan ( Sulsel ). Untuk di Makassar, pemberlakuan dilaksan...
News25 Juli 2021 13:04
Si Jago Merah Hanguskan Tempat Laundry di Makassar, 11 Damkar Diterjunkan
MAKASSAR– Si jago merah kembali mengamuk dan menghanguskan sebuah rumah warga di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Ahad (25/7/2021) sekitar pukul...