Logo Lintasterkini

Pemprov Sulsel Tebar 1 Juta 10 Ribu Bibit Ikan Nila dan Mas di Danau Tempe

Redaksi
Redaksi

Jumat, 09 Februari 2024 18:01

(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

WAJO – Pemprov Sulsel berencana menebar sebanyak 100 juta bibit ikan nila. Termasuk di Danau Tempe yang terletak di Kabupaten Wajo. Langkah ini bertujuan untuk meningkatkan produksi ikan nila dan mendukung keberlanjutan sektor perikanan.

Sebanyak 1 juta 10 ribu ikan nila dan ikan mas ditebar di Kelurahan Salomenraleng, Kecamatan Tempe oleh Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, dan Bupati Wajo, Amran Mahmud, bersama nelayan.

“Saya memberikan perhatian serius ke perikanan. Masyarakat Wajo kehidupannya dikelilingi danau atau tappareng,” kata Bahtiar usai menebar bibit ikan di Danau Tempe, Jumat (9/2/2024).

Upaya ini, kata dia, karena melihat jumlah ikan di bendungan dan danau makin berkurang. “Saya tahu ikannya makin hari makin berkurang, karena banyak faktor yang mempengaruhi,” sebutnya.

Bantuan benih ini dukungan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Balai Benih Ikan di Soppeng, Sidrap, Takalar, serta kementerian.

“Jadi, semua ini bersatu dari kementerian, provinsi, dan kabupaten/kota di Sulsel, kami mau membagi bibit nila tahun ini di Sulsel 100 juta. Saya serius agar ada dampaknya kepada masyarakat,” ujarnya.

“Insyaallah enam bulan ke depan, saya kasih-ki satu juta, jadi mohon dijaga ini sehingga berkembang,” imbuhnya.

Selain bantuan benih, program pemerintah di antaranya pembuatan rumpon dan terumbu karang buatan.

Kepala Dinas Perikanan Wajo, Andi Ismirar Sentosa, mengatakan program ini sangat membantu nelayan.

“Ini adalah program Pj Gubernur, ini sangat membantu nelayan kita di Danau Tempe. Ini sangat luar biasa,” tuturnya.

Usai menebar benih secara simbolis, Pj Gubernur Sulsel juga memberikan bantuan bibit ikan nila kepada ratusan nelayan yang berasal dari Wajo, Soppeng, dan Sidrap.

 Komentar

 Terbaru

News22 Februari 2024 23:59
Presiden Jokowi Bagikan Bantuan Pangan ke 1.000 KPM di Maros
MAROS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalurkan Cadangan Beras Pemerintah untuk Bantuan Pangan Tahap 1 Tahun 2024 kepada 1.000 Keluarga Penerima M...
News22 Februari 2024 23:44
Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar
MAKASSAR – Kabar gembira untuk masyarakat pecinta olahraga di Sulawesi Selatan. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menjajikan akan membangun se...
Ekonomi & Bisnis22 Februari 2024 23:14
CIMB Niaga Apresiasi Nasabah Istimewa di Makassar Lewat Gelaran Wealth Xpo
MAKASSAR – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) menghadirkan signature event Wealth Xpo mengusung tema The Prospect of Indonesia’s Economy ...
Nasional22 Februari 2024 22:12
Muhammadiyah Tetapkan 1 Ramadan 11 Maret 2024 dan Idul Fitri 10 April 2024
JAKARTA – Awal puasa atau 1 Ramadan 1445 H akan segera ditetapkan oleh pemerintah melalui sidang isbat. Sidang isbat tersebut digelar oleh Kemen...