Logo Lintasterkini

Perangkat Daerah Pemprov Sulsel Perkuat Arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Redaksi
Redaksi

Jumat, 09 Februari 2024 08:10

(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

MAKASSAR — Diskominfo-SP Sulsel menggelar rakor antar perangkat daerah lingkup Pemprov Sulsel di Kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Kamis (8/2/2024), untuk memperkuat eksisting dan pengembangan arsitektur Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Sejumlah perangkat daerah yang ikut dalam rakor ini, yakni Diskominfo SP, Bappelitbangda, Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD), Inspektorat, serta Biro Hukum dan Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Sulsel.

Kepala Bidang Aplikasi dan Informatika (Aptika) Diskominfo Sulsel, Sultan Rakib, usai rapat menjelaskan agenda rapat untuk melakukan evaluasi terhadap penerapan SPBE.

Selain itu, kata dia, diagendakan akan dilakukan penertiban terhadap sejumlah aset tak bergerak Pemprov Sulsel yang tidak menggunakan official government subdomain sulselprov.go.id.

Ada beberapa OPD dan UPT lingkup Pemprov Sulsel yang menggunakan domain yang tidak sesuai dengan aturan yang diatur dalam SPBE, baik Perpres 95 Tahun 2018 maupun Pergub Nomor 36 Tahun 2022.

“Ini harus kita tertibkan dan ini menjadi tanggung jawab kita semua agar semuanya menggunakan subdomain pemerintah. Ada OPD yang menggunakan website dotcom, dotweb, dan lain sebagainya. Ini akan kita tertibkan,” ujar Sultan.

Sultan mengatakan untuk 2023 indeks penerapan SPBE di Pemprov Sulsel berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan RB) menempati predikat baik dengan nilai 3,09 poin.

Nilai tersebut jauh lebih tinggi dibanding nilai SPBE 2022 lalu yang Pemprov Sulsel saat itu harus puas dengan predikat cukup.

 Komentar

 Terbaru

News04 Maret 2024 22:03
Pakai Baju dan Aksesoris Lebaran Agar Tak Berlebihan, Ini Tips Mix n Matc nya
Memadupadankan (mix n match) aksesori dengan baju Lebaran bisa membuat penampilan lebih cantik, namun di sisi lain juga bisa terlihat berlebihan. Untu...
News04 Maret 2024 20:25
Kuasa Hukum Eks Dirut PT SCI Mengadu ke DPRD Sulsel, Minta Gunakan Hak Angket
MAKASSAR – Polemik pemberhentian sejumlah Direksi PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda) Sulsel dan diganti dengan pelaksana tugas (Plt) terus be...
News04 Maret 2024 19:55
Pemkot Makassar Gandeng BPJS Ketenagakerjaan, Cover 35 Ribu Pekerja Rentan
MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar akan segera mewujudkan komitmennya untuk melindungi pekerja rentan di Kota Makassar. Dengan menggandeng BPJS...
News04 Maret 2024 19:15
HUT ke-78, Persit KCK Gelar Bakti Sosial Donor Darah
MAKASSAR – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Bobby Rinal Makmun, S.I.P., didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) PD XIV/Hasanuddin ...