Logo Lintasterkini

Heboh! Proyek Strategis Nasional KITB Gunakan Material Ilegal, Pemkab Batang Geram

Herwin Bahar
Herwin Bahar

Rabu, 09 Oktober 2024 20:27

Proyek Strategis Nasional KITB di Batang, Diduga Gunakan Material Ilegal
Proyek Strategis Nasional KITB di Batang, Diduga Gunakan Material Ilegal

SEMARANG – Pemerintah Kabupaten Batang melayangkan protes keras terhadap penggunaan material ilegal dalam pembangunan di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB).

Pembangunan terminal multi purpose Demaga KITB, yang merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) era Jokowi dan akan diteruskan oleh pemerintahan Prabowo, disebut-sebut menggunakan tanah urug ilegal, yang tak sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku.

Keluhan resmi ini datang dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Aneka Usaha Batang, yang pada 30 September 2024 mengirim surat langsung kepada Penjabat Bupati Batang. Dalam suratnya, Direktur Perumda, Adi Pranoto, mengungkapkan bahwa penjualan material tanah urug ilegal untuk proyek KITB semakin marak. “Ini merugikan para pelaku usaha legal, sementara harga yang ditetapkan juga melanggar Surat Keputusan Gubernur Jateng No. 543/8 Tahun 2024,” tegas Adi.

Perumda Aneka Usaha sendiri memiliki izin resmi untuk menambang tanah urug, namun tidak dilibatkan dalam proyek ini. “Yang legal malah ditinggalkan, yang dipilih malah dari galian ilegal,” ujar Adi dengan nada kecewa.

Sejumlah pihak pun menyoroti hal ini. Aktivis Mahasiswa Semarang Bersatu ikut bersuara.

“Ini perlu diusut, jangan sampai ada kongkalikong, apalagi ini proyek nasional,” ujar Wahyudi.

Ia meminta aparat penegak hukum turun melakukan investigasi mendalam. “Harus ada investigasi dan audit,” terangnya lagi.

Kasus ini menimbulkan pertanyaan besar terkait integritas pengelolaan proyek PSN, dan semakin memanas dengan sorotan publik yang terus berkembang. Akankah ada tindakan tegas dari pemerintah terkait pelanggaran hukum ini? (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis25 Oktober 2024 14:29
SPKLU Semakin Mudah Dijangkau, BYD dan Haka Auto Dukung Ekosistem Kendaraan Listrik di Indonesia
JAKARTA – Di tahun ini, dua hal yang menjadi keraguan umum dari masyarakat Indonesia terkait kemampuan daya jelajah dan ketersediaan fasilitas pengi...
News25 Oktober 2024 13:03
Rumah Pengusaha Skincare Mirahayati Disegel, Tidak Kantongi IMB
MAKASSAR – Dinas Tata Ruang dan Bangunan Kota Makassar mendatangi bangunan mewah yang diduga milik pengusaha kosmetik Mirahayati pada Jumat (25/...
Ekonomi & Bisnis25 Oktober 2024 12:47
Late Nite Shopping TSM Makassar Hadir dengan Diskon Spesial hingga 70%
MAKASSAR – Merayakan HUT Trans Studio Mall (TSM) Makassar yang ke-14, TSM akan menggelar program Late Nite Shopping pada Sabtu, 26 Oktober 2024....
Hukum & Kriminal25 Oktober 2024 10:47
Dokter Dianiaya di IGD Rumah Sakit Makassar, Pelaku Langsung Ditangkap
MAKASSAR – Sebuah video penganiayaan terhadap seorang dokter di Makassar menjadi viral di media sosial. Kejadian ini terjadi di Rumah Sakit Otak...