Logo Lintasterkini

Tips Beraktivitas Aman di Era New Normal

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Senin, 09 November 2020 22:20

ist.
ist.

MAKASSAR — Pandemi COVID-19 telah merubah tatanan kehidupan. Kita menghadapi tantangan-tantangan baru termasuk bagaimana menjalankan kehidupan sehari-hari, beraktivitas seperti sebelum pandemi, namun dengan satu syarat disiplin menerapkan protokol kesehatan atau yang biasa disebut gerakan 3M (memakai masker, menjaga jarak fisik dan mencuci tangan dengan rutin).

Kita masuk dalam era bernama Adaptasi Kebiasaan Baru atau Era New Normal. Aktivitas masyarakat dilonggarkan agar roda ekonomi bisa bergerak dan disaat yang sama, kita harus lebih waspada agar penyebaran virus Covid-19 dapat ditekan.

Era new normal memang tengah dijalankan oleh berbagai negara termasuk Indonesia. Walaupun tak sedikit yang memprediksi bahwa penularan virus corona jenis baru atau Covid-19 dapat makin masif dengan menjalani aktivitas di tengah pandemi.

Dengan menjalankan kebiasaan baru di lingkungan sosial, ini akan membuat imunitas tubuh menjadi kuat, tidak mudah terinfeksi. Pola hidup sehat juga harus dibarengi dengan asupan yang bergizi serta porsi seimbang.

Ditekankan juga pentingnya menjaga jarak serta pemakaian alat pelindung diri sesuai anjuran pemerintah. Selain itu, dengan menjauhi kerumunan, penularan bisa dicegah secara maksimal.

Agar tidak menimbulkan masalah baru, Pemerintah mengharapkan masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan meski merasa dirinya sehat dan tak memiliki gejala COVID-19.

Untuk memastikan bahwa kita beraktivitas di Era New Normal ini dengan aman dari pandemi Covid-19, kita bersama-sama perlu menerapkan sejumlah tindakan pencegahan, berikut tips yang aman:

1.Gunakan masker secara benar. Masker sekali pakai, seperti masker medis, hanya digunakan sekali. Masker kain harus dicuci sebelum digunakan kembali. Pastikan face shield digunakan bersamaan dengan pemakaian masker.

2.Selalu menjaga jarak dengan siapapun di luar rumah dan hindari kerumunan.

3.Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir selama minimal 20 detik.

Bila kita semua bekerjasama, kita dapat melindungi diri sendiri, orang-orang yang dicintai dan orang lain dalam mengatasi pandemi ini lebih cepat. (*)

 Komentar

 Terbaru

News13 Juni 2021 12:01
7 Pasangan Remaja Digerebek Polisi Saat Mesum di Kamar Wisma
MAKASSAR– Tujuh pasangan muda mudi diciduk personel Kepolisian Sektor Manggala saat sedang asyik mesum di sebuah wisma di Kota Makassar, pada Sa...
Hukum & Kriminal13 Juni 2021 11:17
Operasi Premanisme, Polisi Tangkap 2 Dua Pemalak Parkir Liar di Sinjai
SINJAI– Operasi Premanisme dan pungli kini gencar dilakukan Kepolisian Resor (Polres) Sinjai di wilayah hukumnya. Giat Operasi Premanisme dan Pu...
Hukum & Kriminal12 Juni 2021 22:16
Polrestabes Makassar Jaring Ratusan Preman yang Kerap Palak Kendaraan
MAKASSAR– Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Makassar menjaring seratus orang preman. Para preman tersebut berkedok sebagai juru parkir l...
News12 Juni 2021 21:38
Polisi Sebut Mayat Hangus di Maros Dibunuh Sebelum Dibakar, Ada Luka Tusuk
MAROS– Polisi mengungkap fakta baru mayat pria hangus di Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), yang sengaja dibakar hidup-hidup. Korban pun patut di...