Logo Lintasterkini

Anda Sering Kentut? Ternyata Itu Ada Indikasi Masalah Kesehatan Lho! Ini cara Mengatasinya

Maulana Karim
Maulana Karim

Selasa, 09 November 2021 23:57

Ilustrasi. (Istimewa).
Ilustrasi. (Istimewa).

Buang angin atau Kentut adalah sebuah keniscayaan yag akan dialami oleh manusia secara alami.

Mengutip laman kesehatan Healthline, kentut adalah sesuatu yang dialami semua orang. Ini adalah pelepasan gas usus, yang terbentuk sebagai hasil dari mencerna makanan.

 

Gas dapat ditemukan di seluruh saluran pencernaan, termasuk lambung, usus kecil, usus besar, dan rektum.

Selama tidak merugikan orang lain, kentut adalah sesuatu yang wajar. Kentut yang berlebihan juga perlu Anda waspadai.

Sama seperti halnya urine atau feses, ternyata kentut atau lebih tepatya frekuensi jumlah kentut bisa menunjukkan masalah kesehatan.

Dikutip dari Warta Ekonomi, Selasa (9/11/2021), yang melansir laman Express, buang angin yang berlebihan mungkin merupakan indikasi dari kondisi kesehatan yang mendasarinya, seperti sindrom iritasi usus besar (IBS).

Gejala IBS termasuk kram perut yang menyakitkan setelah makan, kembung, diare mendadak, dan sembelit. Ada berbagai pemicu gejala IBS untuk berkembang, seperti alkohol, kafein, dan makanan pedas atau berlemak.

National Health Service (NHS) menyatakan bahwa rata-rata kentut terjadi lima sampai 15 kali sehari.

Bagi mereka yang terlalu sering kentut, satu teh herbal bisa membantu.

“Teh peppermint, chamomile, atau adas yang diminum setelah makan dapat meningkatkan pencernaan,” kata para ahli di NHS Trust.

“Dari jumlah tersebut, adas tampaknya paling bermanfaat,” tambahnya.

Obat lain yang mungkin termasuk mengambil kapsul minyak peppermint sebelum makan, yang dapat membantu mengurangi kembung, namun Anda juga perlu waspada. Hal Ini karena jika Anda tidak cocok Anda bisa menderita refluks asam.

Selalu kunjungi tenaga kesehatan untuk kontrol kondisi kesehatan Anda. Hal ini agar langkah yang diambil terhitung tepat dan aman termasuk dalam rencana Anda mengatasi kentut berlebihan yang Anda alami.

 Komentar

 Terbaru

Hukum & Kriminal20 Mei 2022 19:32
Ciduk Tiga Pelaku Narkoba, Barang Bukti Dua Bal Sabu
PiNRANG — Tiga pelaku narkoba, HR, IR dan HD tak berkutik saat diciduk personel Satuan Resnarkoba Polres Pinrang di dua lokasi (TKP) berbeda bel...
Ekonomi & Bisnis20 Mei 2022 17:29
Hotel Royalbay Lepas dari Fox Lite, Hadirkan Banyak Paket Menarik
MAKASSAR – Hotel Royalbay kini tidak lagi berada dibawah naungan management Fox lite, tetapi diatur dan di manage oleh management lokal Royalbay...
News20 Mei 2022 16:09
Pokdar Kubar Gelar Silaturahmi dan Halal Bihalal
KUTAI BARAT – Kelompok Sadar Ketertiban dan Keamanan ( Pokdar) Kabupaten Kutai Barat dibawa pimpinan Mathias Genting, SH mensponsori pertemuan S...
Liputan Khusus20 Mei 2022 14:14
Tempat Cetak Pelat Palsu Berkeliaran di Makassar, Polisi Razia Pelat Modifikasi – Bagian 2, Selesai
MAKASSAR – Guna mengurangi penggunaan pelat modifikasi dan pelat palsu, pihak Subdit Gakum Ditlantas Polda Sulsel, Jumat (20/5/2022), menggelar ...