Logo Lintasterkini

PT Semen Tonasa Sumbang PAD Pangkep Terbesar, Nilainya Rp4 Milyar Lebih

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Jumat, 09 Desember 2016 16:35

PT. Semen Tonasa Pangkep.
PT. Semen Tonasa Pangkep.

PANGKEP – Kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) di Pangkep bayak dimanfaatkan oleh investor dengan mendirikan perusahaan yang bergerak di sektor tambang. Diantaranya tambang semen, marmer, tanah liat, pasir dan batu.

Sebagaimana disampaikan Kepala Bidang Penagihan dan Pembukuan Dinas Pendapatan Darah (Dispenda), Lukman Murtala, khusus Tonasa, sumbangannya terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp4 Milyar lebih dalam setahun.

“Penyumbang terbesar PAD kita adalah Tonasa, nilainya Rp4 Milyar lebih,” ujar Lukman, Jumat, (9/12/2016).

Dikatakan Lukman, tambang lain seperti pasir dan batu (sirtu) dan marmer, juga memberikan sumbangan yang tidak sedikit pada PAD Pangkep.

“Penagihan tambang galian C, termasuk diantaranya pasir, tanah liat dan batu, melalui pos-pos yang tersedia. Tapi ingat, kita juga sudah lengkapi petugas penagih kami dengan rompi, agar mudah dikenali,” terangnya.

Dikatakan Lukman, sejauh ini capaian PAD Pangkep sudah menembus angka 95 persen. Namun ada juga sektor yang hilang, sehingga tidak lagi memberikan kontribusi dalam PAD Pangkep.

“Ada sekitar 10 tambang marmer tidak lagi efektif. Tidak lagi beroperasi dan tidak ada laporan produksinya setiap bulan. Otomatis tidak lagi memberikan sumbangan bagi PAD kita,” jelas Lukman. (*)

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis26 Juli 2024 23:59
Beginilah Bentuk Implementasi CIMB Niaga Terhadap Bisnis Berkelanjutan
MAKASSAR – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) terus menunjukkan komitmennya dalam mengimplementasikan prinsip keberlanjutan dalam setiap kegiat...
News26 Juli 2024 20:59
Bumi Karsa Turut Bantu Korban Longsor di Gorontalo, Salurkan Makanan Instan Hingga Perlengkapan Medis
GORONTALO – Bumi Karsa turut membantu korban longsor yang terjadi di Kecamatan Suwawa, Gorontalo. Bantuan yang disalurkan berupa puluhan dus makanan...
Politik26 Juli 2024 18:48
PAN Terima Pendaftaran Andi Seto Sebagai Bakal Calon Wali Kota Makassar
MAKASSAR – Andi Seto Asapa mengembalikan formulir pendaftaran bakal calon wali kota Makassar di DPD PAN Makassar, di Jalan Abdullah Dg Sirua, Ju...
News26 Juli 2024 16:52
Fashion Show Kucing, Meriahkan Zona 5 F8
MAKASSAR – Salah satu bagian dari Event Makassar Internasional Eight Festival abd Forum (F8), disemarakkan oleh komunitas para pemerhati kucing....