Logo Lintasterkini

Resiko Penyebaran Pandemi Tinggi, Pemerintah Wajibkan PPKM

Abdul Gaffar Mattola
Abdul Gaffar Mattola

Minggu, 10 Januari 2021 14:35

Pemberlakuan PPKM, ruas jalan ditutup.
Pemberlakuan PPKM, ruas jalan ditutup.

JAKARTA — Daerah diwajibkan dapat mematuhi kebijakan pemerintah pusat dalam menerapkan Pelaksaanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa dan Bali. Pasalnya, kedua pulau itu yang diperintahkan untuk menerapkan PPKM adalah bagian dari daerah zona merah atau berisiko tinggi.

“Bagi pihak manapun yang menolak kebijakan dari pusat yang disusun berdasarkan data ilmiah untuk segera mengindahkan instruksi pemerintah, karena instruksi ini bersifat wajib,” tegas Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, Kamis (7/1/2021).

Kebijakan PPKM Jawa dan Bali dijelaskan Wiku, dibuat untuk mempercepat penanganan pandemi Covid-19. Kebijakan tersebut dirancang sedemikian rupa untuk kepentingan sektor kesehatan dan ekonomi.

“Dan bisa dilihat, berdasarkan grafik yang dipaparkan, dimana Pulau Jawa dan Bali merupakan zona merah dan kontributor terbesar di tingkat nasional dan menambahkan kasus positif tertinggi,” papar dia.

Dilanjutkan Wiku, bukan saja pemerintah daerah, masyarakat dari daerah tersebut bisa melihat dengan jelas tingkat kedaruratan penyebaran Covid-19 yang sangat tinggi. Itulah alasan pemerintah sehingga di dua daerah ini, Jawa dan Bali yang wajib dibatasi kegiatannya.

Diketahui untuk indikator penetapan wilayah PPKM Jawa dan Bali, diantaranya tingkat kematian diatas rata-rata tingkat kematian nasional, tingkat kesembuhan dibawah rata-rata tingkat kesembuhan nasiona. Indikator lain yakni tingkat kasus aktif diatas rata-rata tingkat kasus aktif nasional dan tingkat keterisian rumah sakit atau bed occupancy ratio untuk intensive care unit (ICU) dan ruang isolasi diatas 70%. (*)

 

 Komentar

 Terbaru

News27 Oktober 2024 18:49
Hindari Konflik Saat Debat Publik, Ini Pesan Penting KPID bagi KPU dan Lembaga Penyiaran
MAKASSAR – Koordinator Pengawasan Isi Siaran KPID Sulsel, Nasruddin mengapresiasi pelaksanaan debat terbuka antar paslon Wali Kota dan Wakil Wal...
Ekonomi & Bisnis27 Oktober 2024 11:56
BRI Property Expo Goes to Sinarmas Land: Miliki Hunian Idaman dengan Penawaran Menarik
JAKARTA  – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) terus mendorong pertumbuhan sektor properti di Indonesia. Terbaru, BRI menggelar “KPR...
News27 Oktober 2024 11:50
Morning Poundfit BWP Vol 2 Tawarkan Sensasi Berolahraga dengan Nuansa Alam
MAKASSAR – Morning Poundfit BWP Vol.2 telah sukses digelar pada Sabtu, 26 Oktober 2024 di Bugis Waterpark Adventure, kawasan Bukit Baruga. Jenis...
Ekonomi & Bisnis27 Oktober 2024 11:46
Lost In Magical Park: Treasure Hunt Nipah Park, Program Tahunan Paling Dinanti Kembali Digelar
MAKASSAR – Sebagai salah satu destinasi gaya hidup dan ruang publik yang ramah bagi berbagai kegiatan, NIPAH PARK kembali menyelenggarakan progr...