Logo Lintasterkini

Dilarang Keramas Saat Imlek, Kenapa?

Fakra
Fakra

Sabtu, 10 Februari 2024 13:20

Dilarang Keramas Saat Imlek, Kenapa?

MAKASSAR – Ada beberapa hal yang dianjurkan untuk dilakukan dan dilarang pada Tahun Baru Imlek.

Beberapa poin yang sudah cukup umum diketahui seperti menggunakan pakaian warna merah dan pernik-pernik berwarna senada karena diyakini membawa keberuntungan.

Lalu, ada pula larangan keramas saat Imlek. Mengapa demikian? Berikut ulasan singkatnya.

Kenapa dilarang keramas pada saat imlek

Ternyata, ada alasan tersendiri kenapa tidak boleh keramas saat Imlek.

Dilansir dari Honeycombers, Dalam Bahasa Kanton, untuk “rambut” yakni “faat” rupanya sama dengan karakter pertama pada kata “kemakmuran”.

Untuk itu, mencuci rambut atau memotongnya diyakini sama dengan membuang keberuntungan dan secara dramatis mengurangi peluang kita untuk meraih kemakmuran pada setahun ke depan.

Selain itu, tak hanya keramas. dikutip dari CNN, para fundamentalis China juga akan menyarankan mu untuk membatasi mandi pada hari pertama Tahun Baru China untuk alasan yang sama.

Bahkan, beberapa orang juga menghindari mencuci pakaian pada hari pertama dan kedua tahun baru karena dua hari tersebut dirayakan sebagai ulang tahun Dewa Air. Membersihkan rumah pada hari pertama tahun baru juga dilarang karena dianggap membuang keberuntungan.

Namun, aktivitas ini justru disarankan untuk dilakukan sebelum tahun baru untuk memastikan nasib dan memori buruk masa lalu juga ikut pergi.(***)

 Komentar

 Terbaru

News21 Februari 2024 12:14
Jokowi Kunjungan Kerja di Sulsel Hari Ini, Ini Dia Agendanya
MAKASSAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal melakukan kunjung kerja (kunker) di Sulawesi Selatan (Sulsel) pada tanggal 21-22 Februari. Rencan...
Politik21 Februari 2024 11:02
Caleg DPR RI Golkar di Dapil Sulsel 2 Kejar-Kejaran, Suara Nurdin Halid Paling Tinggi
BONE – Pertarungan suara Calon Legislatif (Caleg) DPR RI untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel 2 terlihat sengit. Suara tiga caleg Golkar bersaing k...
Politik21 Februari 2024 10:27
Suara DPR RI Dapil Sulsel 3, Irjen Pol (Purn) Frederik Kalalembang Berpeluang Lolos ke Senayan
TORAJA – Penghitungan suara atau real count DPR RI untuk dapil Sulsel III terus meningkat. Salah satu pendatang baru dari Partai Demokrat yakni ...
Pemerintahan21 Februari 2024 10:21
26 Finalis Duta Genre di Gowa Bersaing Adu Gagasan
GOWA – 26 Finalis beradu bakat dan gagasannya di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa. Selasa (20/2/2024). Tahun ini Pemerintah Kab...