Logo Lintasterkini

Pj Gubernur Sulsel Dorong Peningkatan Ternak di Wajo lewat IB

Redaksi
Redaksi

Sabtu, 10 Februari 2024 08:15

(Foto: Pemprov Sulsel)
(Foto: Pemprov Sulsel)

WAJO – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, terus mendorong peningkatan ternak di Kabupaten Wajo. Didampingi Bupati Wajo, Amran Mahmud, dia meninjau pelaksanaan inseminasi buatan (IB) di peternakan milik warga di Desa Patila, Kecamatan Pammana, Jumat (9/2/2023).

“Di Wajo populasi ternak (sapi) 139.000 ekor. Wajo itu terbesar kedua setelah Bone. Fokus kami tahun ini di bidang peternakan, termasuk inseminasi buatan,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (PKP) Wajo, Ashar.

Pada kesempatan ini juga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menyerahkan bantuan berupa coolbox vaksin sebanyak 20 kotak, obat cacing 3.600 bolus, multivitamin 385 bungkus, imbuhan pakan 1.450 kg, obat-obatan 468 botol, dan disinfektan 1.000 botol.

“Jadi, dengan bantuan dari Pak Gubernur inseminasi buatan dan vaksin serta obat-obatan bisa kita lebih tingkatkan lagi ke depannya,” sebutnya.

Selain bantuan tersebut, dia berharap petugas inseminasi buatan juga perlu dilindungi dengan asuransi karena risiko kerja.

Adapun para peternak merasa terbantu dengan hadirnya program inseminasi buatan. “Program ini sangat bagus karena sapi kami berkembang dari sapi Bali, sapi saya sekarang ada Limousin, Simental, dan Brahma,” ucap peternak, Mappiasse.

“Kalau masalah penjualan, sapi biasa dengan sapi IB, jauh lebih mahal yang IB,” tambah peternak lainnya, Muhammad Tang.

 Komentar

 Terbaru

Ekonomi & Bisnis13 Juli 2024 23:00
Bukit Baruga Serah Terima Kunci Rumah Jasmine Residence Sebanyak 31 Unit
MAKASSAR – Bukit Baruga sukses menggelar seremonial serah terima kunci kepada sejumlah user untuk pembelian unit hunian terbaru, yaitu Tipe Prim...
Pemerintahan13 Juli 2024 11:02
Gowa Semakin Dilirik, Investasi Capai Rp400 Miliar di Bidang Pariwisata 
GOWA – Beautiful Malino 2024 kembali digelar dengan mengangkat tema “Harmony of Malino” yang memiliki makna keseimbangan dan dibuka ...
News13 Juli 2024 10:52
PT GMTD Bagikan 100 Paket Nasi Box di Sekitaran Kawasan Tanjung Bunga
MAKASSAR – PT GMTD Tbk melaksanakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan membagikan 100 paket nasi kotak di sekitaran kawasan T...
Peristiwa13 Juli 2024 10:38
Dua Remaja Maros yang Tenggelam di Air Terjun Jami Ditemukan Meninggal
MAKASSAR – Kurang dari 24 jam setelah melaksanakan upaya pencarian terhadap dua warga Maros. Tim Sar gabungan menemukan kedua korban setelah mel...