Logo Lintasterkini

Catut Nama BKPSDM Gowa, Pensiunan Guru Tertipu Rp5 Juta

Maulana Karim
Maulana Karim

Kamis, 10 Juni 2021 22:35

Ilustrasi Penipuan. (Istimewa).
Ilustrasi Penipuan. (Istimewa).

GOWA– Penipuan online dengan mencatut instansi pemerintah kembali terjadi di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Kali ini, nama Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa, dicatut telah melakukan penipuan terhadap seorang pensiunan guru.

Penipuan itu terkuak setelah adanya laporan dari seorang pensiunan guru yang mengaku telah mentransfer sejumlah uang pada oknum yang mengaku sebagai Kepala BKPSDM Kabupaten Gowa.

Pelaku mengaku dari BKPSDM Gowa lalu menelepon korban dan mengatakan akan memberikan bonus uang pensiunan guru itu. Syaratnya, korban harus menyelesaikan dulu sejumlah biaya-biaya yang disebut oleh pelaku.

Kepala Bidang Mutasi dan Pengadaan BKPSDM Kabupaten Gowa, Agus Harahap membenarkan adanya insiden penipuan tersebut. Ia mengatakan, bahwa penipuan seperti itu sudah dua kali terjadi sejak ia menjabat per 30 Agustus 2020 lalu.

“Penipuan seperti ini dengan mengatasnamakan BKPSDM sudah beberapa kali terjadi. Tetapi baru kali ini ada yang menjadi korban dan melapor ke kantor” kata Kepala Bidang Mutasi dan Pengadaan BKPSDM Kabupaten Gowa, Agus Harahap, kepada awk media, Kamis (10/6/2021).

Agus menyebut, bahwa oknum penipu seperti ini modus yang digunakan untuk melakukan aksinya bermacam-macam.

“Oknum seperti ini macam macam modusnya, ada yang mengancam mutasi atau adanya bonus hadiah, hingga kesempatan untuk menjadi pegawai di Pemerintah Kabupaten Gowa,” katanya

Hingga saat ini, Agus mengarahkan korban agar melaporkan dugaan penipuan ini ke Polres Gowa untuk menyelidiki dan menangkap pelaku yang mengaku dari BKPSDM tersebut.

“Jadi korban yang merupakan penipuan guru itu datang mau konfirmasi ke kami. Ternyata mereka kena tipu. Jadi kami arahkan ke Polres Gowa untuk melapor,” jelasnya.

Lebih jauh, Agus juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak menanggapi jika mendapatkan pesan atau telepon yang mengatasnamakan Kepala BKPSDM Kabupaten Gowa. Apalagi jika pesan tersebut perihal permintaan mentransfer sejumlah dana untuk keperluan tertentu.

“Seluruh layanan di BKPSDM Gowa tidak ada yang dipungut biaya sepeser pun. Jadi saya minta masyarakat untuk tidak menanggapi jika ada yang meminta dana dengan alasan apapun,” terangnya. (*)

Penulis : Mul

 Komentar

 Terbaru

News14 Juni 2021 17:31
Hari Donor Darah Sedunia, PMI Makassar Sudah Kumpulkan 650 Kantong
MAKASSAR — Wakil Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Makassar, Khudri Arsyad mengungkapkan sejauh ini sudah mengumpulkan 650 kantong darah dalam perin...
News14 Juni 2021 17:06
DPRD Tolitoli Bertandang ke Makassar, Bahas Pengawasan di DPRD Makassar
MAKASSAR – Sejumlah Anggota DPRD Tolitoli, Sulawesi Tengah melakukan kunjungan ke DPRD Makassar, Senin (14/2/2021). Rombongan legislator yang di...
Hukum & Kriminal14 Juni 2021 16:23
Lima Bersaudara di Makassar Keroyok Seorang Buruh hingga Kritis
MAKASSAR– Lima pria secara sadis mengeroyok seorang buruh harian di Jl Galangan Kapal, Kelurahan Kalukubodoa, Kecamatan Tallo, Makassar, Ahad (1...
Olahraga14 Juni 2021 16:08
PSM Makassar Cari Lawan Jelang Liga 1 Bergulir
MAKASSAR — Liga 1 musim ini akan berlangsung Juli mendatang. PSM Makassar bakal mempersiapkan diri dengan melakukan uji tanding dahulu. “Pasti...